Home > All Articles > Menanti Kejutan Saat Penutupan Bursa Transfer Pemain Musim Dingin
Transfer Pemain Musim Dingin

Menanti Kejutan Saat Penutupan Bursa Transfer Pemain Musim Dingin

Bursa transfer pemain musim dingin di liga-liga Eropa akan ditutup beberapa jam mendatang. 14 liga di Eropa  yang akan menutup bursa transfernya besok malam adalah Liga Inggris, Liga Spanyol , Liga Italia, Liga Jerman, Liga Prancis, Liga Turki, Liga Skotlandia, Liga Portugal, Liga Belanda, Liga Yunani, Liga Belgia, Liga Slovenia, Liga Denmark, dan Liga Austria. Klub-klub di liga tersebut sedang kasak-kusuk mencari tambahan pemain baru dalam beberapa jam ke depan. Biasanya menjelang penutupan transfer, akan ada kejutan transfer yang dibuat oleh klub-klub ternama.

English Premier League yang merupakan liga terpopuler di muka bumicukup ramai melakukan aktifitas transfer sepanjang bulan Januari saat ini. Bila pada musim 2012-2013 lalu Liverpool dan Queens Park Ranges melakukan pembelian termahal di bursa transfer musim dingin saat membeli Daniel Sturridge dan Christopher Samba dengan biaya 15 juta poundsterling, pada tahun ini Manchester United menjadi klub yang melakukan pembelian termahal hingga sehari menjelang penutupan transfer dengan merekrut Juan Mata dari Chelsea dengan biaya 37,1 Juta Poundsterling.

Selain Manchester United, klub besar English Premier League lainnya yang mengeluarkan banyak untuk mendapatkan pemain baru selama bursa transfer pemain musim dingin ini adalah Chelsea, yang telah menghabiskan 33,6 Juta Poundsterling untuk menggaet Nemanja Matic dan Mohamed Salah. Namun Chelsea juga banyak melepas pemainnya selama bulan ini, dengan melepas Juan Mata, Kevin De Bruyne, Michael Essien, Ryan Bertrand, Nathaniel Chalobah, Kenneth Omeruo, Josh McEachran, dan Patrcik Bamford.

Klub-klub besar English Premier League lainnya seperti Manchester City, Tottenham Hotspur, Liverpool dan Arsenal masih menahan diri untuk membeli banyak pemain baru. Namun Arsenal dan Liverpool masih berjuang untuk mendapatkan satu pemain baru menjelang penutupan bursa transfer musim dingin. Arsenal dikabarkan sedang bernegoisasi dengan pihak Juventus untuk menggaet Mirko Vucinic. Sedangkan Liverpool sedang berusaha menggaet Yevhen Konoplayanka.

Klub-klub medioker English Premier League yang paling aktif melakukan aksi transfer di bulan Januari ini. Cardiff City sudah merekrut empat  pemain baru, Hull City dan West Ham United menambah skuad baru sebanyak empat  pemain.

Di kompetisi Liga Italia Serie A, jika pada Januari 2013 lalu AC Milan membuat heboh dengan membeli Mario Balotelli dari Manchester City senilai 20 juta poundsterling, maka pada Januari 2014 ini sehari jelang penutupan bursa transfer baru Napoli yang melakukan pembelian mengejutkan dengan merekrut bintang Hellas Verona, Jorginho Frello dengan biaya ‘cukup murah’ 5 Juta Euro. AS Roma juga membuat kejutan dengan merekrut bintang Cagliari, Radja Nainggolan dengan biaya 3 Juta Euro.

Klub di Liga Italia Serie A yang juga aktif melakukan aktifitas transfer adalah AC Milan dan Genoa. Hingga sehari jelang penutupan transfer musim dingin AC Milan telah merekrut empat pemain baru yaitu Keisuke Honda, Adil Rami, Andrea Petagna dan Michael Essien. Sedangkan Genoa baru menambah lima pemain baru, yaitu Paolo De Ceglie, Marco Motta, Nicolas Burdisso, Cabral, dan Andrea Doninelli.

Di kompetisi Bundesliga, cukup riuh aktifitas transfer selama bulan Januari ini. Transfer paling menghebohkan adalah dengan bakal bergabungnya bintang Borussia Dortmund, Robert Lewandowski ke Bayern Munchen pada Juli mendatang setelah beberapa minggu lalu Lewandowski sepakat dengan penawaran kontrak dari Bayern Munchen. Transfer lainnya yang mengejutkan adalah keputusan bintang Bayer Leverkusen, Sidney Sam yang mau menandatangani pra kontrak dengan  Schalke. Sidney Sam akan pindah secara resmi ke Schalke pada bulan Juli mendatang. Dan pembelian termahal di Bundesliga hingga hari ini adalah Kevin De Bruyne yang digaet Wolfsburg dari Chelsea dengan biaya 17 Juta Euro.

Di kompetisi La Liga Primera Spanyol, aktifitas tarnsfer selama bulan Januari 2014 sangat lesu. Tak ada pemain baru ternama yang masuk ke liga ini. Klub-klub raksasa macam Barcelona, Atletico Madrid, dan Atletico Madrid tampaknya sudah puas dengan skuad yang dimiliki saat ini. Aktifitas transfer terbanyak dibuat oleh Valencia dengan melepas empat pemainnya, yaitu Adil Rami, Dorlan Pabon, Helder Postiga, dan Andres Guardado. Valencia juga menggaet tiga pemain baru, yaitu Eduardo Vargas, Seydou Keita, dan Ruben Vezo.

Liga Turki yang membuat gebrakan transfer bulan Januari 2013 melalui klub Galatasaray yang mengontrak Wesley Sneijder dan Didier Drogba, pada tahun ini tak membuat gebrakan lagi membeli pemain top dunia. Namun Galatasaray cukup aktif melakukan pembelian pemain baru sepanjang bulan ini dengan menggaet empat pemain baru, yaitu Alex Telles, Izet Hajrovic, Umut Gudogan, serta Salih Dursun dengan total biaya transfer senilai 13 Juta Euro.

Sementara di kompetisi Ligue 1 Prancis, aktifitas transfer berbiaya mahal masih didominasi oleh Paris Saint Germain dan AS Monaco. PSG menggaet Yohan Cabaye dari Newcastle United dengan biaya transfer 25 Juta Euro (19 Juta Poundsterling). Sedangkan AS Monaco menggaet Lacina Traore dari Anzhi Makachkala dengan biaya 10 Juta Euro. Lacina Traore sendiri langsung dipinjamkan AS Monaco ke Everton.

Akan sangat menarik untuk kita tunggu akankah ada kejutan besar pada saat-saat akhir penutupan transfer pemain, seperti kejutan transfer Fernando Torres dari Liverpool ke Chelsea pada Januari 2011 lalu.

( yos mo)

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>