Home > All Articles > Sejarah Persaingan Simeone vs Guardiola
Diego Simeone versus Josep Guardiola

Sejarah Persaingan Simeone vs Guardiola

Ajang Liga Champions Eropa tak sekedar menampilkan adu kehebatan antara pemain-pemain bintang dunia di dalam lapangan, tapi juga menyajikan persaingan adu strategi mumpuni antara pelatih-pelatih jempolan. Pengalaman menjadi salah satu faktor penting buat pelatih-pelatih tersebut untuk membawa klubnya meraih prestasi tertinggi, mengingat tekanan besar dan persaingan sengit dalam ajang Liga Champions Eropa.

Malam nanti di Stadion Vicente Calderon, Josep Guardiola  akan beradu strategi dengan Diego Simeone. Mereka pernah sekali beradu strategi dalam pertandingan Liga Spanyol bulan Februari 2012. Saat itu Pep Guardiola berhasil membawa Barcelona menang di Vicente Calderon dengan skor 2-1.

Simeone dan Guardiola merupakan sosok hebat yang sukses sebagai pemain dan juga pelatih. Simeone pemain legenda di Atletico Madrid, Lazio dan Inter Milan. Guardiola pemain legenda Barcelona. Duel Simeone vs Guardiola di dalam lapangan sudah pernah 11 kali terjadi, dengan hasil seimbang. Simeone dan Pep saling mengalahkan 4 kali dan 3 kali seri.

Setelah gantung sepatu, Guardiola menjelma jadi pelatih jempolan yang sukses meraih banyak gelar juara bergengsi bersama Barcelona dan Bayern Munchen. Pep dua kali merengkuh gelar juara Liga Champions saat melatih Barcelona pada musim 2008/2009 dan 2010/2011.

Pep Guardiola juga memberikan 12 trofi juara lain buat Barcelona. Bersama Bayern Munchen, Pep sudah memberikan 5 trofi juara, dan masih ada kesempatan meraih 3 gelar juara tambahan pada akhir musim nanti.

Karir kepelatihan Diego Simeone bisa dibilang cukup sukses sejak ia pertama kali melatih klub Racing Club pada tahun 2006 silam. Berkiprah sebagai pelatih di kompetisi domestik sepakbola Argentina, Diego Simeone telah mempersembahkan trofi juara Torneo Apertura tahun 2006 buat Estudiantes, dan gelar juara Torneo Clausura tahun 2008 buat River Plate.

Karir kepelatihan Diego Simeone di daratan Eropa dimulai saat menjadi pelatih klub Catania pada bulan Januari 2011 untuk menggantikan Marco Giampaolo. Setelah sukses mengantarkan Catania lepas dari degradasi, Simeone lalu kembali lagi berkiprah sebagai pelatih Racing Club pada bulan Juni 2011. Enam bulan setelahnya, Simeone  mengawali kiprah di La Liga Spanyol bersama Atletico Madrid menggantikan Gregorio Manzano.

Diego Simeone sukses mengantarkan Atletico Madrid meraih gelar juara Liga Europa dalam musim debutnya. Pada musim 2012-2013, Diego Simeone mempersembahkan trofi juara Piala Super Eropa dan gelar juara Copa Del Rey. Semusim kemudian, Simeone membawa Los Rojiblancos menjadi juara La Liga Spanyol dan menjadi runner up Liga Champions. Pada musim ini Atletico berpotensi menambah dua trofi juara.

Sangat menarik untuk dinantikan adu kemampuan strategi Simeone vs Guardiola di babak semifinal Liga Champions musim ini. Adu hebat taktik antara dua legenda lapangan hijau yang sama-sama sukses sebagai pemain dan pelatih.

(k-145/ foto: uefa.com )

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>