Home > All Articles > Inter vs Fiorentina: Adu Strategi Guru dan Murid, Mazzarri vs Montella

Inter vs Fiorentina: Adu Strategi Guru dan Murid, Mazzarri vs Montella

Walter Mazzarri telah membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih jempolan berhasil membawa Inter Milan bangkit dari keterpurukan pada awal musim ini. Hingga giornata ke 4, Mazzarri mengantarkan Inter Milan tak terkalahkan dengan mencetak 13 gol dan membuat catatan tiga kali clean sheet. Satu-satunya tim yang bisa menjebol gawang Inter Milan pada musim ini adalah Juventus.

Walter Mazzarri kerap menerapkan formasi kegemarannya 3-5-1-1 buat Inter Milan pada awal musim ini. Hasilnya, lini depan dan lini pertahanan Inter Milan pun menjadi seimbang. Bila saat diserang lawan Inter Milan bisa merapatkan pertahanan dengan lima bek dan disaat menyerang akan ada sekitar 4-5 pemain yang berada di kotak penalti lawan.

Malam nanti kehebatan stretegi Mazzarri bakal diuji oleh pelatih muda berbakat Vincenzo Montella yang membesut Fiorentina. Pertemuan antara Mazzarri vs Montella ini ibarat duel antara guru dan murid. Ya, sewaktu masih menjadi pemain, Montella pernah dilatih langsung oleh Walter Mazzarri pada musim 2007-2008 saat keduanya masih membela Sampdoria.

Vincenzo Montella yang menukangi Fiorentina sejak awal musim 2012-2013 lalu, sukses membuat timnya memperagakan permainan cantik di lapangan dengan formasi menyerang 4-3-3 yang jarang ada di Liga Italia. Liga Italia sendiri terkenal dengan sistem pertahanan bek gerendelnya. Namun Montella memilih taktik permainan bola dari kaki ke kaki melalui permainan oper-operan pendek, serta dibumbui dengan pergerakan lincah dari seluruh pemainnya, mengingatkan kita pada gaya permainan tiki-taka Barcelona di Spanyol. Namun bila boleh dibandingkan, gaya tiki-taka milik Barcelona yang hanya berpusat di 3 pemain saja membuat tiki-taka El barca terkesan monoton, dan coba bandingkan saja dengan tiki-taka ala Fiorentina yang melibatkan hampir seluruh pemainnya. Hal inilah yang membuat tiki-taka ala Fiorentina jauh lebih menghibur.

Sebelumnya duel adu taktik Mazzarri vs Montella pernah terjadi sebanyak empat kali dengan hasil berimbang. Pada pertemuan pertama, Montella yang saat itu masih melatih Catania berhasil mengalahkan Mazzari di Napoli dengan skor 2-1. Pada pertemuan kedua, Montella berhasil membawa Catania seri 2-2 dengan Napoli yang dibesuat Mazzarri. Pada musim 2012-2013 lalu, Mazzarri sukses mengantarkan Napoli menang 2-1 atas Fiorentina yang dibesut Montella di duel pertama. Di del kedua semusim lalu Napoli dan Fiorentina berbagi skor 1-1.

Jadi bakal sangat menarik untuk ditunggu strategi siapa yang akan lebih hebat pada malam nanti, apakan racikan 3-5-1-1 kepunyaan Mazzarri di Inter milan atau formasi menyerang 4-3-3 ala Montella di Fiorentina?

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>