Home > All Articles > Ulas Laga Piala Super Belanda 2013: Ajax vs AZ Alkmaar
Ajax vs AZ Alkmaar

Ulas Laga Piala Super Belanda 2013: Ajax vs AZ Alkmaar

Dua pekan mendatang Eredivisie Liga Belanda musim 2013/2014 akan segera berputar. Namun sebelum liga terelit di Belanda tadi dimulai, pada akhir pekan ini terlebih dulu bakal dilangsungkan laga Piala Super Belanda yang akrab juga dinamai Johan Cruiff Shield. Piala Super Belanda 2013 mempertemukan juara Eredivisie musim lalu, Ajax Amsterdam dengan juara KNVB Bekker (Piala Belanda) musim lalu, AZ Alkmaar. Piala Super Belanda 2013 ini akan dilangsungkan di Amsterdam Arena yang merupakan markas Ajax.

Di tiga edisi Piala Super Belanda sebelumnya, Ajax Amsterdam selalu berpartisipasi, namun sialnya Ajax tak pernah menang. Pada tahun 2010 Ajax kalah 0-1 dari Twente. Di tahun berikutnya kembali Ajax kalah dari Twente Enschede dengan skor 1-2. Pada tahun 2012 lalu Ajax Amsterdam mengalami nasib sial kalah 2-4 dari PSV Eindhoven. Sementara AZ Alkmaar baru sekali tampil di Piala Super Belanda 2009 dan sukses menang 4-1 atas Heerenveen.

Kekuatan Ajax Amsterdam pada saat ini nyaris sama dengan kekuatan pada musim 2012/2013. Pada bursa transfer musim panas ini, Ajax Amsterdam hanya kehilangan dua pemain dari skuad inti yang pada musim lalu lebih sering duduk di bangku cadangan, yakni Miralem Sulejmani yang hijrah ke Benfica, dan Ryan Babel yang pindah ke Kasimpasa. Malahan Ajax mendapatkan pemain baru berkualitas bagus pada musim panas ini, yaitu Bojan Krkic, Mike Van Der Hoorn, dan Stanislav Lobotka.

Para pemain terbaik Ajax pada musim lalu seperti Christian Eriksen, Kenneth Vermeer, Daley Blind, Toby Aldeweireld, Ricardo Van Rhijn, Lasse Schone, Danny Hoesen, dan Kolbeinn Sightorssonyang memustuskan bertahan sampai saat ini membawa keseimbangan bagi tim, dan hasilnya pun positif bagi Ajax yang selalu menang dalam enam laga pra musim 2013/2014. Di pertandingan terakhir Ajax menang 3-2 atas Werder Bremen.

Sedangkan AZ Alkmaar banyak kehilangan pemain bintangnya yang hijrah ke klub lain  pada bursa transfer musim panas. Top skorer AZ Alkmaar musim lalu, Jozy Altidore telah pindah ke Sunderland. Kapten AZ Alkmaar pada musim lalu, Adam Maher juga hengkang ke PSV Eindhoven. Bek kiri andalan, Giliano Wijnaldum memutuskan pindah ke Groningen. Hingga saat ini AZ Alkmaar belum mendapat pemain pengganti yang sepadan dengan para pemain bintangnya yang hengkang. AZ Alkmaar baru mendapat dua pemain baru yang tak terkenal, yakni Jeffrey Gouweleeuw dan Jan Wuytens.

Melihat fakta kekuatan tim terkini, Ajax jelas patut lebih diunggulkan bisa mengalahkan AZ Alkmaar, terlebih Ajax bermain di kandang sendiri. Kita nantikan saja, apakah Ajax mampu memutus catatan buruk di Piala Super Belanda, atau malahan nasib sial mendapatkan kekalahan kembali dialami Ajax.

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>