Home > All Articles > Steve Clarke Profil Bintang Bulan ini
Steve Clarke WBA Manajer

Steve Clarke Profil Bintang Bulan ini

Profil Bintang, ulasbola.com Jika kita melihat klasemen Liga Inggris saat ini maka kita akan melihat sedikit kejanggalan disana, kejanggalan tersebut adalah ada nama WBA tercatat di posisi 3 klasemen sementara dengan poin 26 dari hasil 8 kali menang 2 kali imbang dan 3 kali kalah. Ini berarti hanya selisih 4 poin dari sang pemuncak klasemen sementara Manchester City dan 2 poin dari Manchester United yang berada di posisi ke-2.

Bagi penggemar liga Inggris posisi 3 klasemen adalah posisi yang biasa ditempati oleh para penantang juara seperti Arsenal, Chelsea, Liverpool atau Tottenham, tetapi tidak musim ini. Ditangan Steve Clarke WBA tampil impresif dan mengacaukan semua kemapanan tim berjuluk Big Four dan mematahkan seluruh prediksi para pengamat dengan membawa WBA keperingkat 3 klasemen sementara.

Akan tetapi mungkin belum semua orang tahu siapa sang sutradara yang bisa memutar-balikan keadaan seperti sekarang ini, tidak bukan adalah Steve Clarke. Dialah, yang mampu merubah wajah tim papan bawah seperti WBA menjadi tim yang menakutkan dan bisa mengalahkan tim-tim mapan seperti Chelsea, Liverpool, Everton dan mampu menahan seri Tottenham di White Hart Lane. Dan berkat kehebatannya dalam menganalisa kelemahan lawan dan meramu tim yang mematikan, kisahnya kami angkat dalam Profil Bintang bulan November 2012.

Steve Clarke Sebagai Pemain (St. Mirren dan Chelsea FC)

Steve Clarke, manajer kelahiran Skotlandia tanggal 29 Agustus 1963 ini mengawali karirnya sebagai pemain profesional yang hanya pernah memperkuat 2 klub yakni, St. Mirren (Skotlandia) dan Chelsea. Bersama Chelsea Clarke mencapai masa keemasannya sebagai pemain profesional dengan sempat merasakan manisnya 3 tropi utama kompetisi Eropa, yang pertama adalah Piala FA tahun 1997, League Cup 1998 dan Winners Cup di tahun 1998.

Steve Clarke Sebagai Asisten Manajer (Newcastle United, Chelsea, West Ham, Liverpool)

Steve Clarke Manajer WBASetelah gantung sepatu Steve tidak langsung meninggalkan dunia yang membersarkan namanya, akan tetapi mantan boss-nya di Chelsea mengajak Clarke bergabung ke Newcastle sebagai asisten manajer dan ini membuka jalan baginya untuk menggeluti didunia manajerial pertama kali.

Setelah Gullit menyatakan berhenti dari NewcastleUnited, Clarke ditunjuk sebagai Manajer Ad Interim Newcastle United saat itu akan tetapi kekalahan 1 : 5 dari Manchester United dipertandingan perdananya membuat Clarke harus rela kehilangan posisinya di Newcastle dan digantikan oleh Alan Shearer.

Tidak ingin menganggur Clarke kembali ke Chelsea untuk memimpin tim remaja The Blues, ditahun 2004 nasibnya berubah The Special One datang dan membutuhkan seorang Asisten yang mengetahui betul seluk beluk Chelsea dan cukup dihormati dikalangan Fans, pilihan Mou jatuh kepada Clarke karena sangat jelas bahwa Clarke adalah Legenda Hidup The Blues dan punya kualitas yang dibutuhkan oleh Mou, maka sejak saat itu Clarke menjabat sebagai Asisten Manajer-nya di Chelsea.

Saat Jose Mourinho pergi di tahun 2007 posisi Clarke dipertahankan oleh Avram Grant, walaupun Grant sendiri menunjuk Henk Ten Cate sebagai Asisten Manajernya. Dan saat Grant dipecat dari kursi manajer pada akhir musim 2008, Chelsea tetap mempertahankan posisi Clarke hanya saja posisinya di geser sebagai Staff Pelatih. Hasratnya untuk duduk dikursi manajerial membawanya mengundurkan diri pada tahun 2008 dari Chelsea dan menerima tawaran Zola yang notabene bekas rekannya di Chelsea untuk menjadi Asisten Manajer di West Ham.

Duetnya dengan Zola berhasil membawa West Ham keposisi 9 klasemen akhir, berkat keberhasilannya Clarke diganjar kontrak baru yang menjadikannya sebagai Asisten Manajer termahal di Inggris. Di musim berikutnya West Ham mengalami kemunduran, tak lama setelah Zola dipecat Clarke mengundurkan diri sebagai Asisten Manajer di West Ham pada tahun 2010.

Ditahun yang sama Clarke menerima tawaran King Kenny untuk mengawaki Liverpool, Selang satu tahun dirinya mengabdi pada Liverpool, Clarke mengundurkan diri pada tahun 2012 setelah Kenny Dalglish dipecat dari jabatan Manajer Liverpool.

Steve Clarke Sebagai Manajer (West Bromwich Albion FC)

Akhirnya momen yang ditunggu-tunggu datang juga, tanggal 8 Juni 2012 Steve Clarke ditunjuk sebagai manajer West Brom dengan kotrak berdurasi 2 tahun. Dan tangan dinginnya berhasil mengoptimalkan seluruh kemampuan anak-anak WBA dan kini dengan anggaran terbatas WBA dibawanya mengisi posisi atas (peringkat 3) klasemen sementara dibawah duo Manchester.

Sangat layak untuk selalu disaksikan kiprahnya di Liga Inggris dalam pekan-pekan mendatang, apakah dia tetap mampu membuat WBA menjadi tim yang kuat dan disegani lawan? atau sebaliknya bernasib sama seperti Di Matteo?
Bagaimana komentar anda?

Check Also

Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England (Odds 3/4 - 0) 5 Pertandingan Terakhir Slovenia ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

sbbanner