Home > All Articles > Ulasan Jelang Bayern Munich vs Barcelona: Laga Reuni Pep Guardiola

Ulasan Jelang Bayern Munich vs Barcelona: Laga Reuni Pep Guardiola

Barcelona akan memulai persiapan pra musim 2013/2014 dengan menantang Bayern Munich di Stadion Allianz Arena malam nanti. Barcelona masih belum didampingi oleh pelatih baru mereka, Gerardo Martino, karenanya Barcelona bakal dipimpin oleh Jordi Roura dalam lawatan ke markas Bayern Munich.

Baik Barcelona maupun Bayern Munich bakal masih belum diperkuat oleh pemain-pemain yang mengikuti Piala Konferderasi karena masih dalam masa liburan. Jadi Barcelona bakal tak diperkuat banyak pemain andalannya seperti Andres Iniesta, Xavi, Cesc Fabregas, Sergio Busquets, Dani Alves, Jordi Alba, Victor Valdes, Gerard Pique, Neymar dan Pedro Rodriguez. Sedangkan Carles Puyol masih absen karena sedang dalam perawatan penyembuhan cedera. Di kub Bayern Munich hanya beberapa pemain saja yang bakal absen, yakni Javi Martinez, Bonfim Dante dan Luiz Gustavo.

Duel antara Bayern Munich vs Barcelona ini juga bakal menjadi laga reuni yang spesial bagi Josep ‘Pep’ Guardiola dan Thiago Alcantara yang pernah menjadi bagian kesuksesan Barcelona meraih 14 gelar juara pada kurun waktu 2008-2012.  Tiki-Taka! Rasanya istilah tersebut terasa akrab di telinga para pencinta sepak bola, paling tidak selama 5 tahun belakangan ini. Istilah yang merujuk pada permainan cantik yang berpegang kepada umpan-umpan pendek dan penguasaan bola ini sangat menarik untuk disaksikan.

Dengan pola permainan Tiki-Taka itu, Barcelona di bawah asuhan pelatih Josep “Pep” Guardiola merajai Eropa selama kurun waktu 2008-2012. Total 14 gelar diraih oleh Barcelona dengan rincian 3 gelar La Liga Spanyol, 2 gelar Liga Champions, 2 gelar Piala Raja (Copa del Rey), 3 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Piala Super Eropa, dan 2 gelar Piala Dunia Antarklub. Hal ini menjadi bukti sahih dari dahsyatnya pola permainan tiki-taka di bawah asuhan Pep. Pep lalu memutuskan mundur dari jabatan pelatih Barcelona dengan alasan ingin rehat sejenak dari sepak bola.

Kini Pep Guardiola berlabuh ke Bayern Munich yang baru saja merajai Eropa pada musim 2012/2013 di bawah asuhan Jupp Heyncknes. Direktur Bayern Muinch, Karl-Heinz Rummenigge meyakini keputusan timnya menunjuk Pep Guardiola sebagai pengganti Jupp Heynckes adalah sebuah langkah untuk menuju kemajuan bagi Bayern Munich untuk terus merajai Eropa.

Pada musim 2012/13 lalu, Dalam perjalanan meraih juaar Liga Champions, Bayern Munich mengalahkan Barcelona di babak semifinal dengan agregat besar 7-0. Meski demikian, Bastian Schweinsteiger tidak mau memandang enteng sang lawan. ”Mereka adalah klub favorit. Klub yang ingin memenangi Liga Champions harus mengalahkan mereka dulu beberapa tahun ini. Saya masih memandang mereka sebagai klub terbaik,” ujar Bastian Schweinsteiger dilansir Sky Sports.

Bayern Munich yang pada akhir pekan lalu baru saja menjuarai Telekom Cup bakal memainkan pemain terbaiknya, termasuk juga menurunkan duet Franck Ribery dan Arjen Robben sejak awal laga. Sedangkan Bastian Schweinsteiger dan Mario Gotze masih harus absen karena sedang menjalani pemulihan cedera. Thiago Alcantara kemungkinan besar bakal diturunkan sejak awal laga bersama Toni Kroos.

Sedangkan Barcelona sendiri bakal mengandalkan banyak pemain muda untuk mengisi tempat pemain inti yang sedang berlibur. Hanya Lionel Messi, Alexis Sanchez, dan Javier Mascherano saja tiga pemain inti pada musim lalu yang siap diturunkan melawan Bayern Munich.

Laga persahabatan seru antara Bayern Munich vs Barcelona ini rencananya akan disiarkan secara langsung oleh KOMPAS TV mulai pukul 23.30 WIB.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN
BAYERN MUNICH:
Manuel Neuer, Daniel van Buyten, Jerome Boateng, Phillip Lahm, David Alaba, Thiago Alcantara, Franck Ribéry, Arjen Robben, Toni Kroos, Thomas Müller, Mario Mandzukic
BARCELONA:
Jose Manuel Pinto, Marc Bartra, Javier Mascherano, Martin Montoya, Adriano Coreira, Alex Song, Sergi Roberto, Jonathan Dos Santos, Cristian Tello, Lionel Messi, Alexis Sanchez

Check Also

Madrid vs Las Palmas

Prediksi La Liga 2016/2017: Madrid vs Las Palmas

Prediksi La Liga 2016/2017: Madrid vs Las Palmas (Odds 0 - 2 1/2) Karakteristik Tim Madrid KekuatanMelakukan tembakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>