Home > All Articles > Finalis Kejutan di Final Piala Liga Inggris

Finalis Kejutan di Final Piala Liga Inggris

Sebelumnya tak ada orang yang mengira kalau Swansea City dan Bradford City bakal saling berhadapan di final Piala Liga Inggris 2013 yang akan berlangsung di Stadion Wembley besok malam. Kedua tim ini bukanlah tim elit di Liga Inggris yang biasa masuk babak final di kompetisi sepakbola Inggris. Swansea City baru dua musim terakhir merasakan kerasnya persaingan Liga Primer Inggris. Sedangkan Bradford City adalah tim level divisi empat di sepakbola Inggris. Kedua tim ini sama-sama baru pertama kali menggapai final final Piala Liga Inggris.

Piala Liga Inggris merupakan kompetisi yang diadakan oleh federasi sepakbola Inggris(FA) yang mempertemukan antara tim-tim yang bermain di Liga Primer Inggris hingga tim League Two (tim divisi empat). Piala Liga Inggris pertama kali diadakan pada di musim kompetisi tahun 1960/1961. Partai final Piala Liga Inggris pertama mempertemukan tim Aston Villa dan Rotherham United yang bermain secara home dan away, yang akhirnya dimenangi oleh Aston Villa.

Laga final Piala Liga Inggris yang diadakan secara home dan away berlangsung hingga tahun 1966. Pada tahun 1967, laga final Piala Liga Inggris diadakan di Stadion Wembley. Sejak saat itu final Piala Liga Inggris diadakan dalam satu pertandingan saja. Tim Liverpool menajdi klub yang paling sering menjuarai Piala Liga Inggris. Liverpool sudah 8 kali menjadi juara Piala Liga Inggris, disusul oleh Aston Villa yang 5 kali menjadi juara Piala Liga Inggris.

Swansea City baru kali ini merasakan final di kompetisi elit sepakbola Inggris. Sedangkan Bradford City sudah pernah merasakan final ketika Bradford City menjuarai Piala FA tahun 1911. Selain Swansea City ada beberapa klub lainnya yang pertama kali merasakan final di kompetisi elit sepakbola Inggris saat mereka tampil perdana di final Piala Liga Inggris. Berikut hasil debut  final Piala Liga Inggris  dari tim yang pertama kali tampil di final kompetisi elit sepakbola Inggris.

TahunKlubHasilHasil Final Piala Liga Inggris
1961Rotherham UnitedRunner UpKalah aggregat gol 2-3 dari Aston Villa
1962Norwich CityJuaraMenang aggregat gol 4-0 dari Rochdale
1962RochdaleRunner UpKalah aggregat gol 0-4 dari Norwich City
1964Stoke CityRunner UpKalah aggregat gol 3-4 dari Leicester City
1967Queens Park RangersJuaraMenang 3-2 dari West Bromwich Albion
1969Swindon TownJuaraMenang 3-1 dari Arsenal
1986Oxford UnitedJuaraMenang 3-0 atas Queens Park Rangers
1990Oldham AthleticRunner UpKalah 0-1 dari Nottingham Forest
1997MiddlesbroughRunner UpKalah 0-1 dari Leicester City
2000Tranmere RoversRunner UpKalah 1-2 dari Leicester City
2006Wigan AthleticRunner UpKalah 0-4 dari Manchester United
2013Swansea City??

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>