Home > All Articles > Ulaslaga: Inter Milan vs AC Milan

Ulaslaga: Inter Milan vs AC Milan

Salah satu derby terpanas di Liga Italia akan terjadi pada akhir pekan ini. Derby Milan atau akrab juga disebut sebagai Derby della Madonnina akan menampilkan pertandingan seru antara dua kekuatan utama di sepakbola di Italia, antara Inter Milan vs AC Milan. Derby Milan sudah terjadi sebanyak 293 kali di berbagai ajang kompetisi. Statistik pertemuan kedua klub berjalan seimbang dimana AC Milan memenangi 111 laga dan Inter Milan menang dalam 105 pertandingan.

Jelang Derby Milan pada akhir pekan nanti, posisi kedua klub di klasemen tak berbeda jauh. AC Milan yang kini menempati posisi tiga klsemen Seree A mempunyai 44 poin, selisih 1 poin saja dengan Inter Milan yang menepati peringkat lima klasemen. Jadi bisa dibilang duel duo Milan ini bakal berjalan sengit karena masing-masing tim berusaha menempati posisi tiga kelsemen Liga Italia.

Inter Milan dan AC Milan sedang dalam masa regenerasi dalam skuadnya masing-masing dalam setahun terakhir. Era kejayaan AC Milan pada masa kepelatihan Carlo Ancelotti kini berganti dengan era Milan dibawah pelatih Masssimiliano Allegri. Inter Milan pun sama demikian, setelah usai era kejayaan di era pelatih Jose Mourinho, kini Inter Milan mulai berganti ke era kepelatihan Andrea Stramaccioni.

Allegri dan Stramaccioni sama-sama merupakan pelatih muda yang baru beberapa tahun melatih tim di Serie A. Allegri dan Stramaccioni membawa perubahan besar kepada klub yang dilatihnya dengan merombak skuad lama yang dihuni pemain-pemain veteran dan diganti dengan banyak pemain muda di masing-masing tim.

Massimiliano Allegri mengambil alih kursi pelatih AC Milan sepeninggal pelatih sebelumnya Leonardo Araujo. Pada masa itu AC Milan dalam keadaan sulit bersaing merebut gelar juara Liga Italia Serie A karena sejak skandal Calciopoli pada tahun 2006 lalu, AC Milan paling bagus hanya bisa menempati peringkat tiga klasemen Serie A. Massimiliano Allegri sebelumnya hanya pernah berpengalaman satu setengah musim saja melatih klub Serie A, yakni saat melatih Cagliari.

Diremehkan banyak orang bahwa Allegri bakal gagal bersama AC Milan, Allegri mebuktikan kapasitasnya sebagai pelatih jempolan dengan membawa AC Milan menjuarai Liga Italia Serei A musim 2010/2011, musim debutnya melatih AC Milan. Pada musim ini Allegri sempat kelimpungan karena kehilangan bayak pemain-pemain senior andalannya di awal musim, AC Milan sempat terpuruk di papan tengah klasemen Liga Italia. Namun perlahan tapi pasti, Allegri bisa mengatasi tekanan berat dengan membawa AC Milan ke zona papan atas bermodal pemain-pemain muda yang permainannya berkembang karena polesan Allegri.

Andrea Stramaccioni yang sebelumnya melatih tim junior Inter Milan, dipercaya menjadi pelatih kepala tim senior Inter Milan pada Maret 2012 lalu. Stramaccioni menggantikan tugas pelatih Claudio Ranieri yang dipecat manajemen Inter Milan. Pada saat itu kondisi Inter Milan sedang kacau karena empat pelatih sebelumnya gagal mengangkat prestasi Inter Milan di kompetisi Liga Italia. Masa paling parah saat Inter Milan dilatih oleh Gianpiero Gasperini di musim 2011/2012, Inter Milan sempat terjerembab di zona degradasi. Pada musim debutnya, Stramaccioni mengangkat Inter Milan dari zona papan bawah. Inter Milan dibawanya menempati peringkat enam klasemen akhir, Stramaccioni  juga sukses membawa Inter Milan menang  pada derby Milan pertamanya.

Pada musim ini Inter Milan banyak memakai jasa pemain muda. Racikan strategi Stramaccioni mampu membawa Inter Milan bersaing kembali di papan atas Liga Italia. Inter Milan juga mampu lolos hingga babak 16 besar Liga Europa.

Derby Milan pada giornata 26 Liga Italia musim ini akan mempertemukan Allegri dan Stramaccioni, dua pelatih muda Italia yang sudah terbukti mampu memoles timnya menjadi lebih baik. Kedua pelatih ini sudah berduel dua kali dalam tajuk Derby Milan di kompetisi Serie A. Stramaccioni unggul dua kali dalam pertemuan dengan Allegri. Dalam pertemuan ketiga antara kedua pelatih ini, AC Milan bersama Allegri lebih diunggulkan bisa mengatasi Inter Milan karena mempunyai kekuatan pemain yang lebih baik. Namun apapun bisa terjadi dalam Derby Milan yang kental dengan adu gengsi antara kedua klub. Derby Milan edisi perdana tahun 2013 ini bakal seru untuk dinantikan.

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>