Home > All Articles > Ulaslaga: Atletico Madrid vs Espanyol

Ulaslaga: Atletico Madrid vs Espanyol

Bukan hanya duel El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid saja yang sengit dalam persaingan antara kubu Catalan dan Madrid dikompetisi sepakbola Spanyol, partai Atletico Madrid melawan Espanyol juga menjadi salah satu simbol betapa sengitnya persaingan sepakbola antara wilayah Catalan dan Madrid.

Persaingan dua wilayah yakni Catalonia dan Madrid atau Castilla di sepakbola Spanyol, sangat erat kaitannya dengan ranah politik, diawali pada masa pemerintahan Jenderal Besar Franco. Sang diktator yang berkuasa pada dekade 40 hingga 70-an ini adalah seorang Madridistas yang menjegal langkah perlawanan rakyat Catalonia untuk merdeka. Sampai saat ini warga Catalan lebih bangg disebut sebagai orang Catalonia dibandingkan disebut sebagai warga Spanyol.

Pertandingan antara Atletico Madrid dan Espanyol sangat erat hubungannya dengan simbol persaingan Catalan dan Madrid. Selain Barcelona dan Real Madrid, Atletico Madrid dan Espanyol merupakan dua tim yang berasal dari Madrid dan Catalan yang paling sering tampil di Liga Spanyol. Sebelum dua tim raksasa Barcelona dan Real Madrid bisa berjaya seperti sekarang ini, Atletico Madrid dan Espanyol terlebih dahulu pernah merasakan kejayaan di kompetisi sepakbola Spanyol. Atletico Madrid sangat sukses pada era 1940-an denagn merebut 3 gelar La Liga pada era itu. Sedangkan Espanyol mendominasi ajang Campionat de Catalunya sebelum Barcelona berjaya kemudian.

Pada musim ini Atletico Madrid mulai kembali bisa bersaing di perebutan gelar juara La Liga Spanyol. Atletico Madrid sempat menempel ketat Barcelona hingga Januari 2013 lalu. Namun dua kekalahan pada pertandingan La Liga yang dialami oleh Atletico Madrid pada awal tahun 2013, membuat selisih poin Atletico Madrid dengan Barcelona menjadi jauh. Kini posisi Atletico Madrid pun mulai didekati oleh Real Madrid yang berada di posisi ketiga.

Berbanding terbalik dengan prestasi Atletico Madrid yang menurun pada awal tahun 2013, prestasi Espanyol malah sedang hebat-hebatnya setelah Espanyol tak terkalahkan dalam 6 pertandingan terakhir di La Liga Spanyol. Berkat prestasi hebat di awal tahun 2013 ini, Espanyol perlahan mulai merangsek ke papan tengah setelah sebelumnya lama tertahan di papan bawah klasemen La Liga Spanyol.

Atletico Madrid dan Espanyol sudah bertemu sebanyak 143 kali di Liga Spanyol. Atletico Madrid lebih unggul dengan memenangi 73 pertandingan, berbanding 43 kemenangan yang diraih Espanyol. Persaingan kedua tim ini akan berlanjut pada akhir pekan ini di Liga Spanyol pekan ke-25.

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>