Home > All Articles > Duel Antar Lini: Brasil vs Italia
brasil vs italia

Duel Antar Lini: Brasil vs Italia

Pecinta sepakbola di seantero dunia pasti berharap timnas Brasil selalu tampil seperti penari samba yang atraktif. Tapi tuduhan bermain pragmatis dan meninggalkan permainan Jogo Bonito kerap dilemparkan kepada tim Brazil sejak Luiz Felipe Scolari menukangi tim tersebut tahun 2002. Brasil pun menerapkan permainan pragmatis selama beberapa tahun, hingga berganti pelatih beberapa kali hingga akhirnya kembali ditangani oleh Luiz Felipe Scolari saat ini.

Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014, tekanan untuk menjadi juara yang keenam kalinya bagi Brasil akan jauh lebih tinggi dibanding Piala Dunia lainnya. Mereka pernah gagal menjadi juara saat menjadi tuan rumah pada 1950. Mereka secara mengejutkan ditundukkan oleh Uruguay di partai final. Hal itu menghancurkan pesta Brasil di Maracana. Karena itu asosiasi sepakbola Brasil tak sungkan untuk merekrut kembali Luis Felipe Scolari, pelatih yang membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002.

Skema taktik Felipe Scolari saat sukses mengantarkan Brasil juara Piala Dunia 2002 bertumpu pada pressure ketat di lini tengah,serangan sporadis dari sayap, dan skill olah jempolan yang dimiliki pemain-pemain depan. Pada tahun 2002 itu Felipe Scolari mempunyai trio lini depan yang mempunyai skill jempolan yakni Luis Ronaldo, Rivaldo, dan Ronaldinho. Saat itu Brasil juga memiliki dua bek sayap terbaik di dunia, Marcos Cafu dan Roberto Carlos. Pressure ketat di lini tengah yang dilakukan pemain-pemain Brasil tahun 2002, bisa terwujud berkat kehadiran gelandang bertahan elegan Gilberto Silva dan Edmilson. Dua gelandang bertahan tadi bisa berubah fungsi saat bertahan dan menyerang.

Skema taktik Felipe Scolari di tahun 2002 lalu, diterapkan nyaris sama pada tahun 2013. Perbedaannya terletak pada trio pemain di lini depan. Saat ini Brasil belum mempunyai striker haus gol di tim nasional seperti Luis Ronaldo dan Rivaldo dulu. Malam nanti Brasil akan berhadapan dengan Italia. Pertemuan Brasil vs Italia nanti bakal menyajikan pertarungan sengit karena rivalitas yang sudah berlangsung lama.

Italia telah lama terkenal dengan racikan lini belakang yang kuat dan barisan penyerang yang sesekali brilian. Namun, di bawah asuhan Cesare Prandelli, citra Italia tersebut sedikit demi sedikit berubah. Prandelli telah mengubah Italia menjadi tim dengan fokus utama menyerang. Bahkan Prandelli melengkapi timnya dengan kemampuan saling oper cantik nan taktis, hasilnya Italia sukses menjadi finalis Piala Eropa 2012 silam. Kini Italia masih diperkuat pemain-pemain yang ikut tampil di Piala Eropa 2012.

Duel Brasil vs Italia yang akan berlangsung dini hari nanti bakal menyajikan duel taktik permainan antara Luis Felipe Scolari dan Cesare Prandelli. Untuk mengetahui tim mana yang berpeluang besar mengungguli tim lainnya, ulasbola menyajikan duel kekuatan utama antar lini antara  Brasil vs Italia.
Klik tombol pages 2 untuk baca  halaman berikutnya

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>