Home > All Articles > Luis Enrique Martinez: Kapten Legendaris Yang Kembali Pimpin Barcelona

Luis Enrique Martinez: Kapten Legendaris Yang Kembali Pimpin Barcelona

Direktur Sport Barcelona, Andoni Zubizaretta telah mengumumkan secara resmi bahwa Luis Enrique Martínez García akan menjadi pelatih Barca hingga dua tahun ke depan. Luis Enrique bukanlah sosok yang asik bagi kubu Barcelona, karena dia merupakan mantan kapten legendaris mereka yang pernah memperkuat Barca dari tahun 1996 hingga 2004.

Luis Enrique dipilih sebagai pelatih karena dianggap memiliki karakter strategi permainan yang bisa melanjutkan filosofi sepakbola menyerang Barca. Luis Enrique senang menerapkan permainan dengan melakukan pressing terhadap lawan dan juga menerapkan pola formasi 4-3-3.

Sosok Luis Enrique menjadi bagian Barcelona dalam sebuah momen kontroversial. Dulunya Luis Enrique adalah mantan pemain Real Madrid dari tahun 1991 hingga 1996. Luis Enrique pindah dari Real Madrid ke Barcelona dengan biaya gratis. Pada awalnya sekelompok suporter Barcelona tak senang dengan kehadiran Luis Enrique.

Perlahan tapi pasti, Luis Enrique  mampu menunjukkan permainan hebatnya di lini tengah Barca. Dia merupakan gelandang tengah pekerja keras dan sering membuat gol spektakuler. Bahkan Luis Enrique beberapa kali menjebol gawang Real Madrid dalam partai sengit El Clasico. Secara perlahan para pendukung Barcelona pun mulai memuja Luis Enrique. Hingga pada akhirnya pada tahun 1992, Luis Enrique didapuk sebagai kapten Barcelona untuk menggantikan Sergi Barjuan yang pindah ke Atletico Madrid.

Captain Luis Enrique Martinez

Selama menjadi kapten Barcelona, Luis Enrique Martinez sukses memberikan banyak gelar juara. Dua trofi juara Liga Spanyol, dua trofi juara Copa Del Rey, satu gelar juara Piala Winners, serta satu gelar juara Piala Super UEFA, menjadi bukti bahwa Luis Enrique merupakan salah satu kapten tersukses dalam sejarah Barcelona. Selama memperkta BArcelona, Luis Enrique Martinez mencetak 109 gol dari 300 kali bermain.

Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain pada tahun 2004, Luis Enrique Martinez dipercaya memegang jabatan sebagai pelatih Barcelona B pada tahun 2008. Tim muda Barcelona itu berhasil diantarkannya promosi ke Segunda Division. Luis Enrique akhirnya memutuskan untuk mengembangkan karirnya dengan menangani AS Roma pada tahun 2011. Luis Enrique memutuskan untuk hengkang setelah semusim melatih AS Roma, walaupun masih memiliki kontrak setahun lagi.

Luis Enrique kembali lagi melatih pada awal musim 2013/2014 menangani Celta Vigo. Dia pun sukses membawa Celta Vigo menempati peringkat ke-9 klasemen akhir La Liga Spanyol meskipun minim pemain bintang. Pada akhirnya musim depan, Luis Enrique akan kembali ke ‘rumah’ yang membesarkannya, Barcelona. Sang kapten legendaris siap kembali memimpin Barcelona, namun kali ini memimpin dari pinggir lapangan.

(yos mo)

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>