Home > All Articles > Mengintip Kekuatan Terkini Timnas Arab Saudi
timnas Arab Saudi

Mengintip Kekuatan Terkini Timnas Arab Saudi

Arab Saudi akan menjadi lawan timnas Indonesia di pertandingan kedua penyisihan Piala Asia 2015 yang akan berlangasung Sabtu mendatang. Di pertandingan pertama Grup C, Arab Saudi sukses menang 2-1 dari timnas China. Dengan hasil tersebut saat ini Arab Saudi memimpin klasemen Grup C penyisihan Piala Asia 2015.

Arab Saudi sudah 11 kali berjumpa dengan timnas Indonesia. Arab Saudi memenangi 10 pertandingan atas Indonesia. Satu-satunya hasil seri yang diraih timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi terjadi pada pertemuan terakhir kedua negara tanggal 7 Oktober 2011 lalu dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung di Stadion Shah Alam Malaysia, skor waktu itu 0-0. Saat Indonesia dan Belanda bermain imbang 0-0, kedua negara masih dilatih oleh dua pelatih asal Belanda, Indonesia dilatih oleh Wim Rijsbergen dan Arab Saudi dilatih oleh Frank Rijkaard.

Sejak pertemuan terakhir antara Indonesia vs Arab Saudi di tahun 2011 lalu, kedua timnas sudah mengalami perubahan baik dari tim pelatih maupun dari susunan pemain. Jelang menghadapi Arab Saudi akhir pekan nanti, timnas Indonesia dilatih oleh duet Rahmad Darmawan dan Jacksen Tiago. Sedangkan Arab Saudi saat ini dilatih oleh Juan Ramoz Lope Caro yang menggantikan Frank Rijkaard sejak Januari 2013 lalu.

Selama menangani Arab Saudi, Juan Ramoz Lope Caro sudah mengantarkan Arab Saudi bermain dalam 2 laga. Pertandingan Arab Saudi  melawan China tadi merupakan debut  Juan Ramoz Lope Caro menangani Arab Saudi. Setelah itu Lope Caro membawa Arab Saudi menang 4-1 saat bertanding melawan Malaysia.

Timnas Arab Saudi banyak menurunkan pemain-pemain muda di bawah asuhan Juan Ramoz Lope Caro. Dari 23 pemain yang dipanggil untuk disiapkan bermain di penyisihan Piala Asia 2015, hanya kapten Saud Khariri saja yang berusia di atas 30 tahun. Lope Caro memang dibebani oleh federasi sepakbola Arab Saudi untuk mengangkat prestasi timnas Arab Saudi yang mengalami penurunan prestasi dalam lima tahun terakhir. Arab Saudi gagal tampil di Piala Dunia 2010 setelah dalam tiga edisi Piala Dunia sebelumnya ikut berpartisipasi. Arab Saudi juga gagal melewati babak grup Piala Asia 2011, padahal di ajang Piala Asia 2007 Arab Saudi menjadi finalis.

Kekuatan timnas Arab Saudi saat ini berporos pada pemain-pemain yang bermain di klub Al-Ittihad dan klub Al-Ahli. Striker muda berusia 24 tahun, Naif Hazazi kini menjadi sorotan karena berhasil mencetak dua gol dalam dua pertandingan terakhir timnas Arab Saudi. Selain itu Arab Saudi mempunyai striker muda berbahaya yang baru berusia 18 tahun, Fahad Al Muwallad yang sudah mencetak 2 gol dari 4 kali penampilannya bersama timnas Arab Saudi. Sang kapten Saud Khariri merupakan pilar utama di lini tengah timnas Arab Saudi. Saud Kariri turut bermain saat Arab Saudi menang 2-1 atas Indonesia di Piala Asia 2007 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno.

Berikut daftar 23 nama pemain timnas Arab Saudi yang disiapkan untuk melawan Indonesia:

POSISINAMA
KIPERWaleed Abdullah; Fahad Al Thunayyan; Abdullah Mohammed Alsdairy
BEKMustafa Al Bassas; Ali Al Zubaidi; Sultan Al Bishi; Mansour ALl-Harbi;Yasir Gharsan Al-Shahrani; Hassan Mouath; Osama Abdulrazag Hawsawi; Omar Ibrahim Omar Othman Hawsawi; Ahmed Hassan Asiri
GELANDANGSaud Khariri; Kamil Al Mousa; Abdullah Otayf; Yahya Sulaiman Al-Shehri; Taisir Jabir A Al-Jassim; Housain Al Maqahoy; Salman Mohammed Al Faraj
STRIKERNaif Hazazi; Fahad Al Muwallad; Yousef Mansour Al-Salem; Nasser Ali Al-Shamrani

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>