Home > All Articles > Generasi Baru Klub Porto
Liga Champions

Generasi Baru Klub Porto

Porto terakhir kali menjuarai Liga Champions pada tahun 2004 saat masih dilatih oelh Jose Mourinho. Pada era itu mencuat nama bintang-bintang Porto seperti Deco Souza, Jorge Costa, Ricardo Carvalho, Paulo Ferreira, Vitor Baia, Nuno valente, Nono Maniche, Costinha, Dmitry Aletnichev, dan Vanderlei Derlei.

Porto kembali merajai kompetisi Eropa tahun 2011 lalu saat menjuarai Liga Europa sewaktu masih ditangani oleh pelatih Andre Villas Boas. Saat itu mencuat pemain-pemain bintang yang memperkuat Porto seperti Radamel Falcao, Hulk, Freddy Guarin, Alvaro Pereira, Joao Moutinho, dan Rolando. Musim pun berganti, dari formasi skuad Porto sewaktu menjadi juara Liga Europa tahun 2011, memasuki tahun 2013 hanya segelintir pemain saja yang masih memperkuat Porto.

Setiap musim Porto memang selalu kehilangan pemain-pemain bintangnya, namun Porto tak pernah kehabisan pemain berbakat lainnya untuk tetap bisa berprestasi juara setiap musimnya. Pada musim ini  Porto harus kehilangan Hulk dan Rolando yang hijrah ke klub lain, namun Porto masih bisa perkasa melaju ke babak 16 besar Liga Champions dan memuncaki klasemen Liga Portugal.

Porto memang memiliki sistem pencarian bakat pemain yang paling sukses di Eropa dalam beberapa tahun terakhir.Keberhasilan Porto bertumpu pada tiga pendekatan, yaitu perekrutan, pengembangan, dan hasil akhir. Perekrutan dimulai dengan mencari bakat hingga ke pelosok-pelosok tiap negara. Lalu skill mereka akan dikembangkan di tempat pelatihan. Porto saat ini memiliki sekitar 250 orang yang bekerja sebagai pencari bakat di seluruh penjuru dunia. Setelah pemain berbakat tersebut menjadi bintang, maka Porto akan menjualnya ke klub lain dengan harga mahal. Dengan sistemnya ini, Porto sukses meraih keuntungan besar atas penjualan aset-aset berharganya.

Musim ini, formasi skuad Porto dihuni oleh banyak pemain-pemain muda. Hanya ada empat pemain intii senior yang berusia di atas 25 tahun yaitu kiper Helton, sang kapten Lucho Gonzalez, Joao Moutinho, dan Silvestre Varela. Di luar empat pemain tadi mencuat nama pemain-pemain muda yang sepanjang musim ini bermain cemerlang bersama Porto, yakni Danilo, Eliaquim Mangala, Nicolas Otamendi, Alex Sandro, Steven Defour, Jackson Martinez, dan James Rodriguez. Kini dengan generasi pemain baru yang dimiliki, Porto bisa jadi kuda hitam juara Liga Champions musim ini. Porto akan mengawali langkahnya di babak knock out Liga Champions, menghadapi Malaga malam ini.

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>