Home > All Articles > Ulas Laga Pra Piala Dunia 2014: Kroasia vs Serbia
kroasia-vs-serbia

Ulas Laga Pra Piala Dunia 2014: Kroasia vs Serbia

Kedua negara Balkan ini adalah eks kesatuan Federal Yugoslavia yang mulai pecah awal tahun 1990. Kroasia terbentuk tahun 1991 dan Serbia berdiri pada tahun 2006 setelah memisahkan diri dengan Montenegro. Balkan adalah daerah konflik, dan itulah inti permasalahannya, diantara berbagai negara yang bertikai, Serbia dan Kroasia adalah yang paling mencolok. Perang yang berkecamuk saat Yugoslavia terpecah  memakan banyak korban dari dua etnis yang paling sengit bertikai, Serbia dan Kroasia. Orang-orang  Serbia mengklaim bahwa prajurit Kroasia membunuh banyak rakyat sipil, pihak Kroasia mengklaim sebaliknya. Kebencian dan dendam lama itu terbawa hingga merambah ke dunia sepakbola, dan membuat mereka sebagai dua rival yang saling bersaing sengit.

Dari segi prestasi sepakbola, Kroasia berbangga diri melebihi Serbia. Kroasia  pernah menjadi juara tiga di Piala Dunia 1998, sedangkan Serbia hanya bisa menjalani babak grup dalam dua Piala Dunia yang mereka ikuti.  Suporter Serbia yang merasa inferior melihat kesuksesan timnas sepakbola Kroasia, melampiaskan kekesalannya dengan merayakan besar-besaran kemenangan Serbia atas Kroasia pada pertandingan  Kroasia vs Serbia di tahun  2006. Hal ini  semakin menambah rivalitas antara kedua negara.

Pada akhir pekan ini, timnas sepakbola Serbia akan kembali menghadapi timnas Kroasia. Kali ini pertandingan akan berlangsung di kandang Kroasia di Stadion Maksimir Zagreb. Saat ini Kroasia menempati peringkat dua klasemen Grup A Pra Piala Dunia 2014 zona Eropa dengan perolehan 10 poin. Kroasia hanya kalah selisih gol dari Belgia yang menempati puncak klasemen Grup A. Sedangkan Serbia ada di peringkat tiga klasemen Grup A, tertinggal enam poin dari Kroasia.

Kroasia berpeluang besar untuk menjadi pemuncak klasemen Grup A Pra Piala Dunia 2014 zona Eropa bila memenangi duel dengan Serbia, karena Belgia akan menjalani laga tandang melawan tim Makedonia.

Peluang Kroasia untuk mengalahkan Serbia sangat besar, bukan hanya karena Kroasia bertindak sebagai tuan rumah, Kroasia juga tampil bagus sejak bermain di Piala Eropa 2012. Kroasia sudah tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir pasca tampil di ajang Piala Eropa 2012. Hal berbeda ditampilkan oleh timnas Serbia yang kerap tampil labil. Pasca tampil di Piala Eropa 2012, Serbia sudah menjalani enam pertandingan dengan hasil tiga kali menang, dua kali kalah, dan sekali seri.

Saat ini Kroasia dipenuhi oleh penyerang-penyerang top dunia dunia, sebut saja nama Mario Mandzukic, Nikica Jelavic, dan Luka Modric, sedangkan Serbia minim stok penyerang andal, Serbia sangat bertumpu dengan kekuatan pertahanannya yang dikawal oleh Branislav Ivanovic dan Aleksandar Kolarov. Jadi Kroasia lebih mumpuni dalam sektor penyerangan.

Duel antara Kroasia vs Serbia bakal berlangsung panas dan ketat karena sejarah panjang rivalitas yang ada di kedua tim.Apakah Kroasia akan berhasil menjadi pemuncak klasemen Grup A Pra Piala Dunia 2014 zona Eropa? Atau Serbia bisa tampil hebat mengubur ambisi Kroasia tadi? Jawabannya akan kita nantikan seusai duel Kroasia vs Serbia pada Jumat dini hari nanti.

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>