Home > All Articles > Ulaslaga: AC Milan vs Barcelona

Ulaslaga: AC Milan vs Barcelona

Dalam lima tahun terakhir, Barcelona begitu digdaya di ajang Liga Champions. Barcelona dua kali jadi juara Liga Champions yaitu tahun 2009 dan 2011, dan tiga kali masuk babak semifinal di tahun 2008, 2010, dan 2012. Sedangkan AC Milan sedang redup pamornya di Liga Champions. Selama lima musim terakhir, prestasi terbaik AC Milan di Liga Champions saat mencapai babak perempat final tahun lalu.

Keperkasaan Barcelona akan diuji oleh AC Milan pada baabk 16 besar Liga Champions 2012/2013. Pertandingan leg 1 akan dilangsungkan tengah pekan ini di Stadion Giuseppe Meazza, Milan. Barcelona dan AC Milan sudah bertemu sebanyak 15 kali di berbagai ajang kompetisi. Barcelona memenangi 6 pertandingan, sedngkan AC Milan hanya memenangi empat partai saja. Perjumpaan pertama antara Barcelona dan AC Milan terjadi pada November 1959 pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions. Saat itu Barcelona menang 2 -0 lewat gol Verges Massa dan Luis Suarez di pertandingan yang berlangsun g di Giuseppe Meazza. Di pertandingan leg 2, Barcelona bahkan menang dengan skor lebih besar, Barcelona menang telak 5 – 1 atas AC Milan.

AC Milan berjumpa kembali dengan Barcelona tiga puluh tahun setelah perjumpaan pertama. Pada pertemuan  di tahun 1989, AC Milan bermain imbang 1 – 1 di bulan November pada perebutan gelar juara Piala Super Eropa. Pada pertandingan replay Piala Super Eropa yang berlangsung Desember 1989, AC Milan unggul tipis 1 – 0 atas Barcelona melalui gol tunggal Alberigo Evani. Setelah partai Piala Super Eropa ini, AC Milan mendominasi pertemuan dengan Barcelona hingga tahun 2004. Namun sejak kemenangan 1 – 0 AC Milan atas Barcelona pada 20 Oktober 2004, AC Milan tak pernah menang lagi hingga saat ini saat bertemu dengan Barcelona. Pada pertemuan terakhir Barcelona dan AC Milan di babak perempat final Liga Champions tahun lalu, Barcelona membantai AC Milan dengan skor 3 -1.

AC Milan memang sedang bangkit di kompetisi lokal Liga Italia dengan tanpa terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir. Bergabungnya Mario Balotelli ke AC Milan memberikan dampak positif bagi permainan AC Milan. Sayangnya Balotelli tak bisa ikut bermain bersama AC Milan saat melawan Barcelona karena Balotelli sudah pernah bermain di Liga Champions musim ini bersama Manchester City. Dengan tidak bisa bermainnya Balotelli saat menghadapi Barcelona, lantas tinggal Stephan El Shaarawy saja yang bisa diandalkan Milan buat menjebol gawang Barcelona.

Barcelona masih sangat diunggulkan bisa mengatasi AC Milan di fase babak 16 besar Liga Champions. Berbekal pemain-pemain fantastis pada diri Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Francesc Fabregas, Dani Alves, Jordi Alba, Carles Puyol, dan Pedro Rodriguez, bila bermain normal seperti biasanya Barcelona bakal mudah melewati hadangan AC Milan yang sedang dalam tahap regenerasi pemain. Namun bola itu bundar, apapun bisa terjadi di atas lapangan. Kita harus menunggu, apakah Milan kini bisa menang lagi saat menghadapi Barcelona? Atau Milan harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa kembali mengalahkan Barcelona.

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>