Home > All Articles > Sir Matt Busby
Sir Matt Busby

Sir Matt Busby

Sebelum Sir Alex Ferguson sangat sukses di Liga Primer Inggris, terlebih dulu ada manajer Manchester United yang sukses: Sir Matt Busby. Manajer yang juga berasal dari Skotlandia ini bahkan lebih sukses dan heroik. Dia membuktikan diri memiliki sentuhan maut. Mengubah Manchester United dari kondisi terpuruk dan bangkrut menjadi tim elite di Inggris dan Eropa.

Sebelum kehadiran Busby, Manchester United bukan tim nomor satu di Inggris, sukses Manchester United hanya pada musim 1907-08 dan 1910-11 ketika meraih double winners, menjuarai Premier League (Divisi I) dan juara Charity Shield. Satu gelar lagi, Piala FA, diraih tahun 1909.

Matt Busby ternyata lebih tertantang menangani Manchester United yang sedang terpuruk. Padahal, pada saat yang sama dia ditawari menjadi asisten manajer klab yang punya nama lebih besar,Liverpool. Tapi, Busby menolak. Baginya menangani tim yang hancur lebih menggairahkan dan menantang dari pada menangani tim yang sudah mapan.

“Sepak bola adalah romantika, puisi, drama, dan misteri. Saya merasa menemukan itu di MU,” kata Busby. Dia memang mencintaikotaManchester. Sebab, sebelum membela Liverpool, dia lebih dulu membela ManchesterCitysebagai bek kanan.

Langkah pertama yang dilakukan Busby adalah mengontrak Jimmy Murphy untuk menjadi asistennya. Duet yang cukup klop, karena keduanya meiliki kerja sama yang baik. Selain itu Busby merombak tim. Pertahanan dan serangan menjadi perhatiannya.

Untuk membangun pertahanan yang tangguh, dia mengontrak Johny Cerey, John Aston, Allenby Chilton. Sedang lini depan dipertajam dengan masuknya Charlie Mitten, Jack Rowley, dan Stan Person.

Bakat-bakat muda ini menunjukkan permainan fenomenal. Mereka sering disebut The Busby Babes – putra-putra binaan Busby yang selalu tampil menawan -. Dan, gelar juara Liga Inggris yang ditunggu sejak 40 tahun terakhir datang juga. Busby Babes mempersembahkan gelar ini pada musim 1951-52.

Sejak itu, MU mulai menjadi tim elite Inggris. Sukses yang sama terulang lagi pada musim 1955-56, 1956-57, 1964-65, dan 1966-67. prestasi makin lengkap setelah juara Piala FA dua kali dan Charity Shield tiga kali.

Yang paling fenomenal adalah sukses tahun 1968. Untuk pertama kalinya, MU menjuarai Piala Champions. Sukses ini tak hanya menandai kebesaran MU di tingkat Eropa, tapi juga menghibur duka cita. Sebab, pada even ang sama pada tahun 1958, pasukan Busby mengalahi kecelakaan.

Usai melawan Red Star Beograd, pesawat mereka mampir di Muenchen untuk mengisi bahan bakar. Pesawat gagal lepas landas tertabrak, 38 orang tewas, termasuk 8 pemain, asisten manajer, dan offisial MU. Busby selamat. Tapi, bencana itu meninggalkan luka pada diri Busby, juga warga Manchester.

Itu kenangan pahit Busby. Tapi sebagai pribadi, Busby tetap dikenang sebagai pahlawan sepak bola. Manajer hebat yang punya sentuhan maut, mengubah keterpurukan klab menjadi tim hebat di Inggris, juga Eropa.

Raihan Gelar Sir Matt Busby bersama Manchester United:

Juara Piala FA 1994, 1963;
Juara Charity Shield 1952, 1956, 1957, 1965, 1967;
Juara Divisi I 1951-52, 1955-56, 1956-57, 1964-65, 1966-67;
Juara Liga Champions 1967-68;

Check Also

Poland vs Armenia

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Poland vs Armenia

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Poland vs Armenia (Odds 0 - 2) 5 Pertandingan Terakhir Poland ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

sbbanner