Home > All Articles > PSSI Siap Gelar Kembali Soeratin Cup
PSSI-G

PSSI Siap Gelar Kembali Soeratin Cup

PSSI kembali akan menyelenggarakan Soeratin Cup. Piala yang menjadi simbol lahirnya pemain-pemain muda ini masih sama dengan tujuan awal saat pertama kali diperkenalkan tahun 1965. Kini, Soeratin Cup 2014 diproyeksikan menjadi pelopor pemain muda masa depan di Tanah Air.

Soeratin Cup sarat nilai sejarah. Di belantara sepakbola Indonesia, Soeratin Cup cuma kalah tua dari Perserikatan yang dihelat mengiringi berdirinya PSSI pada 1930. Soeratin Cup dipentaskan mulai 1965, saat PSSI dipimpin Maulwi Saelan. Kesenjangan pemain muda dan senior di skuad timnas Indonesia jadi dasar diluncurkannya Soeratin Cup. Nama Soeratin sendiri diambil dari nama pendiri PSSI di tahun 1930, yakni Ir. Soeratin.

Pemain-pemain besar Indonesia jaman dahulu, juga kerap lahir dari Soeratin Cup. Rony Paslah adalah salah satu pemain besar yang lahir dari tim Soeratin PSMS Medan tahun 1967. Lalu ada nama Kwee Tik Liong, Soegito, dan Sutan Haraharah yang lahir dari produk Soeratin Persija Jakarta.

Di era 1980-an, kita kenal dengan nama-nama besar sepakbola Indonesia seperti Robby Darwis, Patar Tambunan, Azhary Rangkuti, Aji Santoso, ataupun Ricky Yakobi yang lahir dari buah kompetisi Soeratin Cup ini.

Sayang, kisruh dan dualisme yang membelit sepakbola Indonesia pada 2011-2013 pengaruhi keberadaan Soeratin Cup. Setelah PSDS Deli Serdang juarai Soeratin Cup 2012, kompetisi bagi para pesepakbola muda itu macet. Kini, setelah kisruh dan dualisme sudah berakhir, PSSI siap gulir kembali Soeratin Cup pada Agustus-Desember 2014.

“PSSI memandang penting kompetisi usia muda. Ini salah satu pilar pembinaan pesepakbola usia muda. Dengan gulirkan kembali Soeratin Cup, PSSI buktikan itu dengan tindakan nyata. Jadi,PSSI bukan sekadar berwacana. Soeratin Cup 2014 juga jadi pintu awal dari kompetisi usia muda lain yang bakal digelar PSSI. Semua itu dilakukan bertahap,” kata Tommy Welly, Direktur Kompetisi PSSI.

“Selain tur trofi, kami juga tetapkan satu pesepakbola bintang yang lahir dari Soeratin Cup. Ia bakal jadi Ambassador Nasional Soeratin Cup. Ambassador lain kami pilih sebagai representasi tiap wilayah Indonesia,” tambah Tommy Welly.

Sejumlah Asprov PSSI juga sudah menggelar Soeratin Cup tingkat provinsi. Di babak regional, slot yang tersedia sudah ditentukan, yakni 64. Ada provinsi yang diwakili 1, 2 atau 3 klub. Hal itu tergantung jumlah klub anggota Asprov PSSI di provinsi terkait.

Babak regional terbagi 2 tahap yang mainkan sistem knock-out home and away. Tingkat nasional nantinya akan diikuti 16 klub yang terbagi 4 grup. Juara dan runner up setiap grup yang memainkan sistem home tournament dan setengah kompetisi dan berhak ke fase 8 besar. Tahap berikutnya semifinal dan final.

“Saya berharap semua Asprov PSSI menyambut kembali pergelaran Soeratin Cup dengan menggelorakan kompetisi usia muda ini di tingkat provinsi. Saya juga berharap semua pihak yang terlibat berani melawan penyakit kronis pencurian usia. Mari tanamkan fondasi masa depan sepakbola Indonesia yang lebih kuat, sehat, dan jujur,” tandas Tommy Welly yang juga berprofesi sebagai komentator sepakbola.

(GP)

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>