Home > All Articles > Timnas Kosta Rika Ungguli Uruguay
Uruguay vs Kosta Rika

Timnas Kosta Rika Ungguli Uruguay

Uruguay gagal membalas kekalahan yang mereka alami dari Kosta Rika di Piala Dunia 2014 lalu. Timnas Kosta Rika ungguli Uruguay lewat adu penalti, dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung di Estádio Centenario, Montevideo. Pada waktu normal 90 menit, kedua tim bermain imbang dengan skor 3-3.

ULASAN JALANNYA PERTANDINGAN

Dalam separuh menit babak pertama, hanya satu peluang tercipta, yang dibuat Uruguay pada menit ke-15 lewat sepakan Edinson Cavani. Tapi laju bola masih terlalu lemah, sehingga dengan mudah ditangkap oleh Keylor Navas. Peluang berikutnya terjadi pada menit ke-29, saat eksekusi tembakan bebas Luis Suarez yang membentur pagar hidup, membuat bola melayang tipis di atas gawang Kosta Rika.

Empat menit kemudian Uruguay kembali membuat peluang, lewat usaha Diego Godin menyundul bola umpan sepak pojok Nicolas Lodeiro. Tapi bola bisa ditangkap oleh Keylor Navas. Kosta Rika membuat peluang perdana pada menit ke-37 melalui sepakan Alvaro Saborio yang menyambut umpan terobosan dari Bryan Ruiz.

Tapi laju bola masih lemah sehingga bisa diamankan oleh Fernando Muslera. Lima menit berselang, umpan lambung terukur yang dilepaskan Bryan Ruiz berhasil ditanduk masuk ke dalam gawang Uruguay oleh Alvaro Saborio. Skor pun berubah jadi 1-0 untuk keunggulan Kosta Rika, dan bertahan hingga saat turun minum.

Pada menit ke-48, Edinson Cavani yang mendapatkan bola umpan dari Luis Suarez di dalam kotak penalti Kosta Rika, tembakannya malah melambung jauh dari sasaran. Dua menit berselang, Uruguay sukses menyamakan kedudukan lewat gol Luis Suarez yang menyelesaikan umpan dari silang dari Cristian Rodriguez. Kosta Rika bisa membalas gol dengan cepat semenit kemudian. Umpan silang Joel Campbell dituntaskan oleh Bryan Ruiz dengan sepakan kencang dari luar kotak penalti yang sukses memperdayai Fernando Muslera.

Pada menit ke-59, lagi-lagi Edinson Cavani membuang peluang emas mencetak gol. Cavani yang tanpa pengawalan di kotak penalti Kosta Rika usai menerima umpan dari Luis Suarez, bola tembakannya hanya mengenai jala luar gawang. Memasuki menit ke-64, Uruguay akhirnya bisa menyamakan kedudukan jadi 2-2 berkat gol sundulan Jose Maria Gimenez. Tiga menit berselang, Uruguay kembali menjebol gawang Kosta Rika lewat tandukan Cavani yang menuntaskan umpan lambung dari Carlos Sanchez.

Pada menit ke-70, bola yang disepak oleh Alvaro Saborio masih melambung tipis di atas gawang Uruguay. Menit ke-83, Fernando Muslera membuat penyelamatan gemilang dengan menepis bola tembakan kencang Junior Diaz. Tiga menit berselang, bola sepakan Luis Suarez masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Kosta Rika.

Memasuki menit ke-89, tembakan kencang yang dilepaskan Arevalo Rios masih bisa ditangkap oleh Keylor Navas. Semenit berselang, Kosta Rika berhasil menyamakan kedudukan jadi 3-3 berkat gol yang dibuat oleh Johan Venegas hasil umpan sundulan dari Alvaro Saborio. Skor 3-3 bertahan hingga berakhirnya babak kedua, sehingga penentuan pemenang ditentukan melalui adu penalti.

Dari delapan penendang penalti Kosta Rika, hanya Celso Borges saja yang gagal menyelesaikan tugas dengan baik karena bola tembakannya membentur tiang gawang. Sedangkan dari delapan penendang penalti Uruguay, ada dua pemain yang gagal mengeksekusi dengan sempurna, yaitu Egidio Erevalo Rios yang tembakannya diblok Keylor Navas, dan juga Guzman Pereira yang tembakannya melambung tinggi. Alhasil, Kosta Rika menang adu penalti 7-6 atas Uruguay.

SUSUNAN PEMAIN 
URUGUAY:
Fernando Muslera, Diego Godin, Jose Maria Gimenez, Maximiliano Perreira, Alvaro Pereira, Egidio Arevalo Rios, Carlos Andrés Sanchez (Matias Corujo ’80), Nicolas Lodeiro (Guzman Pereira ’68), Cristian Rodriguez (Gaston Ramirez ’80), Luis Suarez, Edinson Cavani (Jonathan Rodriguez ’71)
KOSTA RIKA:
Keylor Navas, Oscar Duarte, Giancarlo Gonzalez, Cristian Gamboa, Junior Diaz Campbell, Celso Borges, Yeltsin Tejeda (Juan Bustos Golobio ’80), David Ramirez (Johan Venegas ’57), Joel Campbell (Mayron Antonio George ’86), Bryan Ruiz, Alvaro Saborio

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>