Home > All Articles > Wasit Asal Italia Pimpin Laga Final Piala Dunia 2014
Nicola Rizzoli

Wasit Asal Italia Pimpin Laga Final Piala Dunia 2014

FIFA telah menunjuk wasit asal Italia pimpin laga final Piala Dunia 2014 antara Argentina vs Jerman. Wasit yang ditunjuk FIFA adalah Nicola Rizzoli, yang telah mengadili tiga pertandingan di Piala Dunia 2014, yakni wasit dalam dua pertandingan fase grup, Spanyol vs Belanda, Nigeria vs Argentina, serta pertandingan perempatfinal antara Argentina vs Belgia.

Nicola Rizzoli yang berprofesi sebagai arsitek sudah banyak pengalaman memimpin pertandingan besar. Rizzoli pernah memimpin pertandingan Final Liga Europa tahun 2010 antara Atletico Madrid vs Fulham, serta final Liga Champions 2013 antara Bayern Munich kontra Borussia Dortmund.

Saat memimpin pertandingan Final Piala Dunia 2014, Nicola Rizzoli akan ditemani dua asisten wasit asal Italia, Renato Faverani dan Andrea Stefani. Ofisial keempat pertandingan adalah Carlos Vera asal Ekuador. Nicola Rizzoli merupakan wasit Italia ketiga yang memimpin final Piala Dunia setelah Sergio Gonella (Final Piala Dunia 1978) dan Pierluigi Collina  ( Final Piala Dunia 2002).

Penunjukan Nicola Rizzoli sebagai wasit Final Piala Dunia 2014 oleh FIFA memang sedikit kontroversial, mengingat timnas Jerman merupakan salah satu negara dari Eropa. Padahal biasanya wasit yang memimpin pertandingan di Piala Dunia 2014 merupakan wasit yang berasal dari benua lain dari dua timnas yang bertanding. Dengan kata lain wasit yang memimpin Final Piala Dunia 2014 seharusnya berasal dari benua Asia, Afrika, ataupun dari zona Concacaf.

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>