Home > All Articles > Final Piala Dunia 2014: Analisa Peluang Juara Argentina dan Jerman
German-vs-Argentina

Final Piala Dunia 2014: Analisa Peluang Juara Argentina dan Jerman

Timnas Argentina dan Jerman akan berduel dalam Final Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Stadion Maracana. Ini merupakan pertemuan kedua negara dalam Final Piala Dunia. Sebelumnya pada Final Piala Dunia 1986, Argentina berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2. Dalam Final Piala Dunia 1990, giliran timnas Jerman Barat yang berhasil menang 1-0 atas Argentina.

Kami akan menganalisa besar peluang Argentina dan Jerman untuk menjadi juara Piala Dunia 2014 dengan menjabarkan berbagai statistik dari kedua tim

PERBANDINGAN HASIL ARGENTINA vs JERMAN DALAM BABAK-BABAK SEBELUMNYA 

Timnas Argentina berhasil menyapu bersih tiga kemenangan dalam Grup F walaupun diraih dengan susah payah. Timnas Argentina menang hanya dengan keunggulan margin satu gol saat berduel dengan Bosnia Herzegovina (2-1), Iran (1-0), dan Nigeria (3-2).

Sedangkan timnas Jerman membuat hasil dua kali menang dan sekali seri dalam pertandingan Grup G. Kemenangan telak dibukukan Jerman atas Portugal dengan skor 4-0. Kemenangan tipis 1-0 diraih Jerman saat berduel dengan Amerika Serikat, dan hasil seri 2-2 didapatkan Jerman saat melawan Ghana.

Pada babak 16 besar, timnas Argentina dan Jerman sama-sama harus bekerja keras untuk bisa menyingkirkan lawan-lawan mereka. Argentina menang tipis 1-0 atas Swiss melalui babak perpanjangan waktu, begitu pula halnya dengan Jerman yang menang tipis 2-1 atas Aljazair setelah melewati babak perpanjangan waktu.

Pada babak perempat final, kedua tim mendapatkan hasil kemenangan yang identik. Argentina menang 1-0 atas Belgia, sedangkan Jerman menang 1-0 atas Prancis.

Pada babak semifinal timnas Jerman tampil luar biasa mencatatkan kemenangan telak 7-1 atas tim tuan rumah Brasil. Sedangkan Argentina harus bersusah payah menyingkirkan Belanda melalui babak adu penalti.

Ada fakta yang menarik dari hasil pertandingan Jerman dan Argentina dari babak grup hingga semifinal, yaitu kedua tim sama-sama mengalami kesulitan saat melawan wakil dari Afrika. Fakta menarik lainnya, Argentina menang hanya dengan keunggulan satu gol, sedangkan Jerman sudah dua kali berpesta gol ke gawang lawan di Piala Dunia 2014.

PERBANDINGAN PENAMPILAN SKUAT ARGENTINA vs JERMAN DI PIALA DUNIA 2014

Timnas Argentina hanya mengandalkan penampilan cemerlang individual seorang pemain untuk mendapatkan kemenangan dalam Piala Dunia 2014. Pada babak Grup F, Lionel Messi menjadi pahlawan Argentina berkat sumbangan empat golnya. Sebagai catatan, jumlah Gol Argentina di Grup E hanya enam gol.

Argentina mendapatkan kemenangan dalam babak 16 besar berkat penampilan gemilang Angel Di Maria dan Lionel Messi. Pada babak perempat final melawan Belgia saat Messi bermain buruk dan Angel Di Maria absen, giliran Gonzalo Higuain yang menjadi pahlawan kemenangan Argentina. Di babak semifinal, giliran kiper Sergio Romero dan Javier Mascherano yang bermain luar biasa dalam meredam serangan sporadis timnas Belanda. Sebagai catatan, dari delapan gol yang telah diciptakan Argentina di Piala Dunia 2014, tak satupun pemain pengganti yang mampu menyumbangkan gol.

Timnas Jerman mengawali Piala Dunia 2014 dengan kemenangan telak 4-0 atas Portugal berkat penampilan luar biasa Thomas Muller mencetak hattrick gol. Pada laga berikutnya, Jerman selamat dari kekalahan dari Ghana berkat gol Miroslav Klose yang baru sekitar semenit masuk ke lapangan menggantikan Mario Goetze yang merupakan pencetak gol pertama Jerman. Setelah itu, giliran Thomas Muller kembali menjadi pahlawan Jerman saat mencetak gol tunggal kemenangan pada laga melawan Amerika Serikat

Pada babak 16 besar, satu dari dua gol Jerman ke gawang Aljazair dibuat oleh Andre Schuerrle yang turun sebagai pemain pengganti. Pada babak perempat final, giliran bek sentral Jerman, Mats Hummels yang mencetak gol kemenangan. Dan pada babak semifinal, lima gol dibuat Jerman ke gawang Brasil pada babak pertama, dan dua gol lainnya dibuat pada babak kedua oleh Schuerrle yang lagi-lagi tampil sebagai pemain pengganti.

Dari paparan di atas, terlihat nyata bahwa Argentina tak memiliki pemain cadangan bagus yang bisa menjadi super sub pada saat tim dalam situasi krisis. Sedangkn kubu Jerman memiliki banyak pemain cadangan yang bisa menjadi solusi mencetak gol saat pemain inti kesusahan untuk membobol gawang lawan.

PERBANDINGAN PENGALAMAN PELATIH ARGENTINA vs JERMAN

Alejandro Sabella belum pernah melatih tim nasional sebelum ditunjuk menjadi pelatih Argentina. Alejandro Sabella juga belum pernah tampil dalam laga final bersama timnas Argentina. Namun dalam level melatih klub, Sabella pernah mengantarkan Estudiantes menjadi juara Copa Libertadores dan Liga Argentina.

Sementara itu Joachim Low telah lama dipercaya menangani timnas Jerman. Joachim Low merupakan asisten pelatih dari Jurgen Klinsmann saat timnas Jerman menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2006. Pasca gelaran Piala Dunia 2006, Joachim Low ditunjuk menjadi pelatih kepala Jerman menggantikan Klinsmaan.

Joachim Low sukses mengantarkan timnas Jerman menjadi runner up Piala Eropa 2008, dan menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2010, semifinalis Piala Eropa 2012.

Dari sisi pengalaman, Joachim Low akan lebih siap dalam menghadapi tekanan besar dalam pertandingan besar penentuan juara dibandingkan Alejandro Sabella.

Peluang kedua untuk menjadi Juara Piala Dunia 2014
ARGENTINA 45% vs  JERMAN 55 %

Kami lebih condong untuk menjagokan timnas Jerman menjadi pemenang Final Piala Dunia 2014, mengingat Jerman memiliki kedalaman skuat pemain yang lebih baik dibandingkan Argentina. Peluang Argentina untuk menjadi juara Piala Dunia 2014 hanya bakal bergantung terhadap penampilan satu-dua orang pemain, yaitu Lionel Messi atau Angel Di Maria.

[@yoszca]

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>