Home > All Articles > Jelang Pertandingan Piala Emas Concacaf: Honduras vs El Salvador
Honduras vs El Salvador

Jelang Pertandingan Piala Emas Concacaf: Honduras vs El Salvador

Salah satu persitiwa terkelam dalam sejarah sepakbola adalah terjadinya perang antar dua negara di Amerika Tengah, Honduras dan El Salvador pada tahun 1969 silam gara-gara pertandingan sepakbola.

Saat itu Honduras dan El Salvador berada dalam satu grup di babak kualifikasi Piala Dunia 1970. Perang antara kedua negara tadi dilatari oleh isu sensitif politik yang tengah membara. Honduras saat itu bersikeras memulangkan para imigran El Salvador dalam jumlah besar. Rezim Presiden Lopez Arellano menyalahkan 300 ribu imigran El Salvador sebagai beban dan pengganggu ekonomi negerinya.

Duel pertama berlangsung di ibukota Honduras, Tegucigalpa. Laga tersebut berlangsung hari Minggu. Namun pada Sabtu malam, pendukung Honduras terus melancarkan teror kepada pemain dan suporter El Salvador. Batu-batu dilemparkan ke jendela suporter El Salvador. Mereka juga membunyikan klakson di depan hotel tempat pemain El Salvador menginap. Akibat teror tersebut, pemain El Salvador yang tidak tidur sepanjang malam itu menyerah dengan skor tipis 0-1.

Seminggu kemudian, duel kedua antara Honduras vs El Salvador dilangsungkan di Stadion Flor Blanca, El Salvador. Kala itu giliran timnas Honduras yang menerima teror dari pendukung El Salvador. Pada laga tersebut El Salvador berhasil membalas kekalahan. Mereka menggasak tamunya dengan hasil 3-0.

Sukses itu tak cukup meredakan tensi panas kubu El Salvador. Buktinya, keesokan paginya tentara El Salvador membombardir Tegucigalpa. Perang terbuka lantas berlangsung sengit selama seratus jam, menewaskan 6 ribu orang dan lebih dari 12 ribu korban lain luka-luka. Pada 27 Juni 1969, kedua negara resmi memutuskan hubungan diplomatik. Peristiwa ini kemudian dikenal sebagai “futebol war”, perang yang terjadi gara-gara sepak bola.

Honduras dan El Salvador akan berjumpa kembali di lapangan sepakbola pada Sabtu pagi (13/7) di Sun Life Stadium Miami. Honduras saat ini tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke perempat final. Sementara El Salvador yang di pertandingan pertama menahan imbang Trinidad Tobago, tentunya tak mau kalah dari musuh abadinya tersebut.

Perang terbuka antara Honduras dan El Salvador pernah meletus pada 1969. Ironisnya, pemicu perang yang memakan korban ribuan jiwa itu adalah sepak bola. Nah, akankah ‘perang’ kembali meletus ketika kedua tim mereka bertemu di lapangan besok?

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN
HONDURAS:
Donis Escober, Juan Carlos Garcia, Johnny Palacios, Osman Chavez, Brayan Beckeles, Andy Najar, Eder Delgado, Jorge Claros, Mario Martinez, Ronny Martinez, Roger Rojas
EL SALVADOR:
Derby Carillo, Victor Turcios, Steve Purdy, Xavier Garcia, Marcelo Posadas, Osael Romero, Darwin Ceren, Richard Menjivar, Dustin Corea, Osael Romero, Rodolfo Zelaya, Rafael Burgos

INFO TIPS PREDIKSI PERTANDINGAN HONDURAS vs EL SALVADOR LIHAT DISINI

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>