Home > All Articles > Liputan Profil Peserta Piala Dunia 2014: Timnas Jerman

Liputan Profil Peserta Piala Dunia 2014: Timnas Jerman

Dalam liputan profil negara peserta Piala Dunia edisi kali ini, kami akan mengulas negara asal Eropa yang paling sukses di Piala Dunia, dengan prestasi 3 kali menjadi juara serta empat kali menjadi runner up Piala Dunia, yaitu timnas Jerman.

Berbekal pemain-pemain kelas satu dunia yang mereka miliki, timnas Jerman tentunya ingin meraih gelar juara Piala Dunia pada tahun ini mengulangi prestasi mereka pada Piala Dunia 1954, 1974 dan Piala Dunia 1990.

Kilas Sejarah Prestasi  Timnas Jerman

Timnas Jerman absen dalam Piala Dunia edisi perdana, dan baru mengikuti Piala Dunia pada tahun 1934 yang berlangsung di Italia. Timnas Jerman meraih kemenangan telak 5-2 atas Belgia dalam pertandingan debut mereka di Piala Dunia. Gol pertama Jerman dicetak oleh Stanislaus Kobierski, yang ditambah oleh sebiji gol dari Otto Siffling, serta tiga gol dari Edmund Conen.

Pada pertandingan selanjutnya Jerman menang 2-1 atas Swedia berkat dua gol yang diborong oleh Karl Hohmann, yang mengantarkan Jerman lolos ke semifinal.Kiprah Jerman di Piala Dunia 1934 akhirnya terhenti di babak semifinal, setelah mengalami kekalahan 1-3 oleh Cekoslowakia. Dalam perebutan peringkat ketiga, Jerman berhasil mengalahkan Austria dengan skor 3-2.

Empat tahun kemudian, Jerman langsung tersingkir di ronde pertama. Jerman bermain seri 1-1 dengan Swiss, karena waktu itu belum mengenal adu penalti, maka pertandingan diulang kembali. Dalam laga replay, Jerman kalah 2-4 ditangan Swiss.

Setelah terjadi Perang Dunia Kedu, Jerman sudah terbagi dua, yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Dan Jerman Barat tampil pada Piala Dunia 1954. Timnas Jerman Barat mengawali pertandingan Piala Dunia 1954 dengan kemenangan 4-1 atas Turki. Pada pertandingan kedua, Jerman Barat kalah telak 3-8 ditangan Hungaria, namun Jerman Barat tetap melaju ke babak selanjutnya sebagai runner up Grup 2.

Pada babak perempat final Piala Dunia 1954, Jerman Barat berhasil mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-0. Jerman Barat tampil luar biasa di babak semifinal dengan mengukir kemenangan telak 6-1 atas Austria.Pada babak final, timnas Jerman Barat kembali bertemu dengan Hungaria. Baru delapan menit babak final berjalan, Hungaria sudah unggul 2-0 berkat gol Ferenc Puskas dan Zoltan Czibor. Jerman Barat tak mau menyerah dan memperkecil ketertinggalan pada menit kesepuluh lewat gol Max Morlock. Jerman Barat bahkan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-18 berkat gol Helmut Rahn. Di penghujung babak kedua, Jerman Barat berhasil membalikkan keadaan menjadi 3-2 berkat gol kedua dari Helmut Rahn, yang mengantarkan Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1954.

Empat tahun berikutnya, timnas Jerman Baratgagal mempertahankan gelar juara Piala Dunia, setelah dalam babak semifinal Jerman Barat mengalami kekalahan 1-3 oleh tuan rumah Swedia. Dalam perebutan tempat ketiga, Jerman Barat mengalami kekalahan telak 3-6 oleh Perancis. Pada Piala Dunia 1962 yang berlangsung di Chile, timnas Jerman Barat tersingkir di babak perempat final setelah kalah 0-1 oleh Yugoslavia.

Pada Piala Dunia 1966, timnas Jerman Barat berhasil menembus babak final. Tapi Jerman Barat tak berhasil menjadi juara, karena kalah 2-4 ditangan tuan rumah Inggris. Empta tahun kemudian, Jerman Barat tersingkir di babak semifinal setelah kalah 3-4 oleh Italia. Dalam perebutan peringkat ketiga, gol Wolfgang Overath mengantarkan Jerman Barat menang 1-0 atas Uruguay.

Jerman Barat menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 1974. Jerman Barat mengawali pertandingan Piala Dunia 1974 dengan kemenangan 1-0 atas Chile berkat gol Paul Breitner. Dalam laga berikutnya Jerman barat menang telak 3-0 atas Australia. Pada pertandingan terakhir Grup 1, Jerman Barat kalah 0-1 ditangan Jerman Timur, namun Jerman Barat tetap lolos ke babak berikutnya sebagai runner up grup.

Pada putaran kedua babak grup, timnas Jerman Barat tampil cemerlang menyapu bersih kemenangan dengan mengalahkan Yugoslavia, Swedia, dan Belanda. Jerman Barat pun lolos ke partai final melawan Belanda. Di partai final, timnas Belanda unggul cepat pada menit kedua lewat gol penalti Johan Neeskens. Tapi Jerman Barat berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 berkat gol dari Paul Breitner dan Gerd Muller, yang mengantarkan Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974.

Empat tahun kemudian Jerman Barat gagal mempertahankan gelar setelah tersingkir di putaran kedua grup. Masa keemasan timnas Jerman Barat terjadi dalam rentang tahun 1982 hingga 1990 dengan tiga kali masuk final Piala Dunia. Pada final Piala Dunia 1982, Jerman Barat kalah 1-3 oleh Italia. Pada final Piala Dunia 1986, Jerman Barat kalah 2-3 oleh Argentina. Barulah dalam partai final Piala Dunia 1990, Jerman Barat mampu menang dengan mengalahkan Argentina berkat gol tunggal Andreas Brehme.

Lothar Matthaeus, Rudi Voller, Jurgen Klinsmann

Setelah Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu kembali, timnas Jerman mengikuti Piala Dunia 1994, tapi tersingkir di babak perempat final setelah kalah 1-2 oleh Bulgaria. Empat tahun berselang, Jerman Barat kembali tersingkir di babak perempat final setelah kalah telak 0-3 ditangan Kroasia.

Timnas Jerman berhasil kembali masuk final Piala Dunia tahun 2002. Tapi kehebatan penampilan Ronaldo Nazario Da Lima yang membuat dua gol, membuat Jerman kalah 0-2 oleh Brasil di final Piala Dunia 2002.

Pada Piala Dunia 2006, Jerman menjadi tuan rumah. Niat Jerman untuk menjadi juara Piala Dunia di tanah air sendiri terpaksa pupus setelah kalah 0-2 oleh Italia di babak semifinal. Dalam perebutanperingkat ketiga, timnas Jerman menang 3-1 atas Portugal. Empat tahun kemudian, kembali timnas Jerman kalah di babak semifinal, kali ini Jerman kalah 0-1 oleh Spanyol. Dan dalam perebutan peringkat ketiga, Jerman menang 3-2 atas Uruguay.

NEXT –> Kilas Perjalanan Timnas Jerman Menuju Piala Dunia 2014
kursorKlik page 2 untuk baca halaman berikutnya

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>