Home > All Articles > Rafael Benitez Gagal Jadi Juru Selamat Newcastle United
Rafael Benitez

Rafael Benitez Gagal Jadi Juru Selamat Newcastle United

Dua bulan silam Rafael Benitez membuat keputusan mengejutkan, setuju untuk menangani Newcastle United yang baru memecat manajer Steve McLaren. Padahal sejak tahun 2000, Rafael Benitez selalu menangani klub-klub elit yang punya target juara, berawal dari Valencia, Liverpool, Inter Milan, Chelsea, Napoli dan Real Madrid.

Pemilik Newcastle United, Mike Ashley rela membayar gaji tinggi Rafa Benitez sebesar 5 juta Euro, dengan harapan klub bisa selamat dari degradasi. Saat Benitez dikontrak, kondisi Newcastle United sedang dalam kondisi parah, kalah 18 kali dan hanya menang 7 kali dalam 31 pertandingan selama ditangani Steve McLaren.

Pada awal-awal melatih Newcastle, Rafa sempat kesulitan memperbaiki mentalitas para pemain yang sudah terbiasa dipecundangi. Newcastle kalah tiga kali dalam empat pertandingan awal bersama Rafa. Satu-satunya hasil seri didapatkan Newcastle saat berhadapan dengan sesama tim papan bawah Sunderland.

Perlahan Rafael Benitez berhasil mengangkat prestasi Newcastle United, dengan membuat hasil tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir.

Namun semua sudah terlalu terlambat. Pesaing terdekat Sunderland juga bermain mengesankan menjelang akhir musim dalam perlombaan menghindari degradasi. Sunderland berhasil mengamankan posisi dari zona degradasi setelah mengalahkan Everton.

Keputusan terlambat pemilik klub Mike Ashley memecat Steve McLaren sangat disesalkan oleh pendukung Newcastle United. Dalam waktu singkat sangat sulit buat Benitez untuk mereparasi tim yang terlanjur bobrok. Rafael Benitez gagal jadi juru selamat Newcastle United dalam tempo waktu dua bulan.

Ini menjadi coreng bagi karir kepelatihan Rafael Benitez, mengawali musim bersama klub tersukses di Eropa, Real Madrid. Mengakhiri musim degradasi di Liga Primer Inggris bersama Newcastle United. Yang menjadi pertanyaan besar, apakah Rafael Benitez masih mau melanjutkan kerja sama dengan Newcastle, berkarir di divisi bawah?

(k-254/ bbc.com)

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>