Home > All Articles > Liputan Piala Dunia 2014: Profil Timnas Aljazair
timnas Aljazair

Liputan Piala Dunia 2014: Profil Timnas Aljazair

Pada edisi Liputan Piala Dunia 2014 kali ini kami akan mengulas salah satu wakil dari benua Afrika yaitu timnas Aljazair. Bagi timnas Aljazair, Piala Dunia 2014 merupakan keikutsertaan mereka yang keempat kalinya di turnamen ini. Sebelumnya timnas Aljazair berpartisipasi di Piala Dunia 1982, 1986, dan 2010. Dalam keikutsertaan di Piala Dunia, Aljazair selalu mentok di babak grup. Jadi pada Piala Dunia 2014 mendatang timnas Aljazair bertekad untuk memperbaiki prestasi setidaknya mencapai babak 16 besar.

Kilas Sejarah Prestasi Timnas Aljazair

Kejayaan timnas Aljazair di level benua Afrika dimulai pada tahun 1980, saat masih diperkuat oleh pemain legenda terbesar mereka Rabah Madjer. Pada saat itu Aljazair juga diperkuat oleh pemain-pemain legendaris lainnya seperti Lakhdar Belloumi, Djamel Menad, Tedj Bensaoula, serta Salah Assad. Pada tahun 1980 itu Aljazair berhasil menjadi runner up Piala Afrika.

Rabah Madjer

Rabah Madjer

Lalu dua tahun berikutnya Aljazair berhasil lolos untuk pertama kalinya ke ajang Piala Dunia. Dan pada debut di Piala Dunia 1982 itu timnas Aljazair mulai menjadi pembicaraan di level internasional karena permainan spektakuler mereka mengalahkan Jerman Barat dengan skor 2-1. Dua gol Aljazair ke gawang Jerman Barat dicetak oleh Lakhdar Belloumi dan Rabah Madjer. Aljazair pun mencatatkan sejarah sebagai negara dari benua Afrika pertama yang meraih kemenangan di Piala Dunia.

Pada pertandingan kedua Piala Dunia 1982, Aljazair harus mengakui keunggulan Austria dan kalah 0-2. Kemenangan 3-2 yang diraih Aljazair atas Chile pada pertandingan terakhir grup 2, masih belum bisa membawa Aljazair lolos ke babak selanjutnya karena kalah jumlah selisih gol dari Jerman Barat dan Austria.

Pada Piala Dunia edisi berikutnya tahun 1986, timnas Aljazair gagal tampil menawan. Pada pertandingan pertama Aljazair hanya bermain imbang 1-1 dengan Irlandia Utara. Pada pertandingan kedua Aljazair harus mengakui keunggulan Brasil, timnas Aljazair kalah tipis 0-1 dari Brasil karena gol Careca. Aljazair mengalami kekalahan telak 0-3 dari Spanyol pada pertandingan terakhir grup D Piala Dunia 1986.

Kejayaan persepakbolaan Aljazair masih berlanjut hingga tahun 1990 saat mereka berhasil menjuarai Piala Afrika. Setelah menjuarai Piala Afrika itu prestasi timnas Aljazair redup selama dua puluh tahun. Timnas Aljazair baru bisa kembali unjuk gigi saat berhasil menjadi semifinalis Piala Afrika dan lolos ke Piala Dunia pada tahun 2010 dan melangkah ke Piala Dunia tahun ini.
NEXT –> Kilas Perjalanan Timnas Aljazair Menuju Piala Dunia 2014
kursorKlik pages 2 untuk baca halaman berikutnya

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>