Home > Berita Bola > Bola Internasional > Africa Cup Of Nations > Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2013
piala afrika 2013

Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2013

Masih  jelas terekam di benak pecinta sepakbola kemeriahan Piala Dunia 2012 yang berlangsung di Afrika Selatan. Dengungan vuvuzela yang menggema sepanjang pertandingan Piala Dunia 2012,begitu menggetarkan dan selalu dikenang pecinta sepakbola hingga saat ini.

Afrika Selatan sukses menggelar Piala Dunia 2012 karena dapat menjaga keamanan yang kondusif,pembangunan jaringan transportasi modern,dan pembangunan stadion baru. Selepas Piala Dunia 2012,CAF(Federasi Sepakbola Afrika) memajukan jadwal Piala Afrika dari yang seharusnya digelar tahun 2014 menjadi tahun 2013,untuk menghindari bentrokan jadwal Piala Dunia 2014. Libya terpilih menjadi tuan rumah Piala Afrika 2013,namun karena alasan keamanan yang tidak kondusif di negara itu,CAF sepakat memindahkan tempat penyelenggaran Piala Afrika 2013 ke Afrika Selatan,negara yang paling siap dalam segala bentuk infrastruktur pendukung untuk menyelenggarakan turnamen besar sepakbola.

Afrika Selatan sangat beruntung mempunyai investasi dalam bentuk stadion-stadion baru berkapasitas besar sepeninggalan ajang Piala Dunia 2012,sehingga pemerintah Afrika Selatan tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya besar untuk pembangunan stadion baru.Di Piala Afrika 2013,ada 5 stadion yang akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan.Berikut ulasan mengenai stadion-stadion penyelenggara Piala Afrika 2013:

1.First National Bank Stadium,Johannesburg

piala-afrika-2013Stadion ini berkapasitas 94.736 tempat duduk.Stadion ini merupakan tempat dipertandingkannya final Piala Dunia 2012 dan final Piala Afrika 1996.Design FNB Stadium menyerupai calabash(pot asli Afrika). Keindahannya tampak jelas terlihat saat malam hari di mana stadion akan menyala seperti kerlap-kerlip bintang. Stadion berada di barat daya kota Johannesburg dan menjadi markas klub Kaizer Chiefs.Stadion ini direnovasi pada tahun 2009 lalu.Stadion ini akan menjadi tempat pertandingan pembuka dan tempat pertandingan final Piala Afrika 2013.

2.Moses Mabhida Stadium,Durban

Moses-stadium-WDesign stadion ini mengambil inspirasi dari bendera Afrika Selatan. Dengan lengkungan besar yang ada, hal ini merepresentasikan kecintaan bangsa Afrika Selatan akan olahraga. Sekilas bentuk Stadion Durban mirip dengan Stadion Wembley Inggris karena dilengkapi dengan lengkungan raksasa sepanjang 350 meter. Ditambah dengan sebuah mobil kabel yang siap mengantarkan pengunjung dari sisi utara stadion ke titik tertinggi dari lengkungan tersebut sehingga pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan kota dan lautan.Stadion ini berkapasitas 62.670 tempat duduk.

3.Nelson Mandela Bay Stadium,Port Elizabeth
nelson-madela
Stadion Nelson Mandela Bay dibangun di tepi Danau North End. Stadion ini mempunyai struktur atap yang unik dan berlatar belakang pemandangan yang indah karena dekat dengan Danau North End.Stadion ini berkapasitas 28.459 tempat duduk.

 

 

4.Mbombela Stadium,Nelspruit
mbombela-W
Mbolela berasal dari bahasa Siswati (salah satu bahasa resmi Afrika Selatan) yang berarti banyak orang berkumpul dalam tempat kecil.Stadion ini terletak di Provinsi Mpumalanga. Stadion dengan kapasitas 46.000 penonton ini memiliki desain interior yang cukup unik, dimana desain tempat duduk dirancang menyerupai mangkuk yang bertujuan agar penonton sedekat mungkin dekat dengan lapangan namun tetap mempertahankan pandangan yang baik kepada penonton.Luas atapnya melindungi 95% tempat duduk. Atap juga akan mengapung bebas pada bagian atas tempat duduk dengan celah sepanjang 6 meter untuk mengurangi efek dari suhu yang panas serta memberikan pemandangan berupa jajaran bukit dari tempat duduk. Stadion juga akan diberikan penopang dari baja sepanjang 30 meter sebagai simbol leher jerapah.

5.Royal Bafokeng Stadium,Rustenburg
royal-bafokeng-stadium-W
Stadion Royal Bafokeng memiliki daya tampung sebanyak 42.000 kursi penonton. Bafokeng dipilih sebagai nama stadion sesuai dengan nama suku yang tinggal di sekitar area stadion tersebut.

Check Also

Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England (Odds 3/4 - 0) 5 Pertandingan Terakhir Slovenia ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

sbbanner