Ulasan Terkini
Home > All Articles > Ulas Laga Leg Kedua Play Off Piala Dunia 2014: Uzbekistan vs Jordania
Ulas Laga Leg Kedua Play Off Piala Dunia 2014: Uzbekistan vs Jordania

Ulas Laga Leg Kedua Play Off Piala Dunia 2014: Uzbekistan vs Jordania

Hasil 1-1 di leg pertama play off Piala Dunia antara Uzbekistan vs Jordania membuat peluang kedua tim untuk lolos ke fase berikutnya terbuka lebar. Jalan berliku memang harus dilalui Uzbekistan dan Jordania untuk memastikan meraih tiket Piala Dunia 2014, karena setelah melewati fase play off Zona Asia, pemenang di laga ini akan menghadapi peringkat 5 klasemen zona Amerika Selatan (CONMEBOL).

Baik Uzbekistan dan Jordania sama-sama belum pernah merasakan tampil di Piala Dunia. Namun Uzbekistan punya pengalaman lebih tampil di babak play off Piala Dunia 2006 Zona Asia. Pada saat itu nasib sial menghampiri Uzbekistan yang menyebabkan mereka gagal mentas di Piala Dunia akibat keputusan kontroversial FIFA.

Kesialan Uzbekistan di babak play off Piala Dunia 2006 Zona Asia saat menghadapi Bahrain. Uzbekistan merupakan peringkat tiga Grup A ronde 3 kualifikasi zona Asia, sementara Bahrain merupakan peringkat tiga Grup B.

Laga leg pertama antara Uzbekistan versus Bahrain diadakan di kota Tashkent yang merupakan ibukota Uzbekistan, dan dipimpin oleh wasit asal Jepang Toshimitsu Yoshida. Pada menit ke 38, Uzbekistan mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi oleh Server Djeparov dan sukses menjebol gawang Bahrain. Namun gol tembakan penalti Server Djeparov tersebut dianulir oleh Toshimitsu Yoshida karena menganggap beberapa pemain Uzbekistan lainnya sudah memasuki area kotak penalti Bahrain saat Server Djeparov menembak. Disinilah blunder memalukan dilakukan oleh Toshimitsu Yoshida yang membatalkan tembakan penalti Uzbekistan menjadi tembakan bebas. Padahal menurut peraturan FIFA, seharusnya penalti Uzbekistan diulang.

Pada akhirnya laga leg pertama Uzbekistan versus Bahrain berakhir dengan skor 1-0 untuk kemennagan Uzbekistan. Namun ofisial Uzbekistan membuat protes resmi terhadap FIFA terkait keputusan kontroversial Toshimitsu Yoshida yang mengubah tembakan penalti Uzbekistan menjadi tendangan bebas. Blunder terburuk keputusan  FIFA akhirnya terjadi disini. Pecinta dan pelaku sepakbola manapun tahu bahwa hasil akhir pertandingan tak bisa diubah oleh siapapun kecuali salah satu tim memainkan pemain yang tak terdaftar, namun FIFA membuat keputusan kontroversial dengan menyuruh laga leg pertama antara Uzbekistan versus Bahrain diulang kembali.

Bisa jadi ofisial Uzbekistan menyesali keputusan mereka melakukan protes resmi terhadap FIFA terkait terkait keputusan kontroversial Toshimitsu Yoshida yang mengubah tembakan penalti Uzbekistan menjadi tendangan bebas. Pada akhirnya laga ulangan leg pertama Uzbekistan versus Bahrain berakhir dengan skor 1-1. Dan pertandingan leg kedua yang berlangsung di kandang Bahrain berakhir 0-0. Uzbekistan meratapi hasil ini karena harus kehilangan kesempatan tampil di Piala Dunia 2006.

Uzbekistan kini akan menjalani kesempatan keduanya tampil di babak play off Piala Dunia melawan Jordania. Timnas Uzbekistan pastinya tak ingin mengulangi kisah kelam di babak play off Piala Dunia 2006, apalagi di leg kedua ini mereka bakal bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Hanya saja kerap terjadi kejadian-kejadian kontroversial yang tak masuk akal di lapangan sepakbola, dan semoga itu tak tejadi untuk kedua kalinya menimpa Uzbekistan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
sbbanner
citypass.co.id