Home > All Articles > Andriy Shevchenko: Tsar Haus Gol

Andriy Shevchenko: Tsar Haus Gol

Andriy Shevchenko sekarang sedang berkunjung ke Indonesia bersama legenda-legenda AC Milan lainnya untuk memainkan partai amal melawan Indonesia Legend All Star. Ketajaman Andriy Shevchenko saat masih aktif bermain sangat luar biasa. Andriy Shevchenko salah satu penyerang terhebat pada masa jayanya. Shevchenko  merupakan salah satu legenda sepakbola yang berasal dari Eropa Timur.

Shevchenko meraih kesuksesan luar biasa bersama AC Milan. Pemain yang diberi julukan Tsar ini menjadi pahlawan AC Milan saat menjuarai Liga Champions tahun 2003 dan Liga Italia Serie A musim 2003/04. Shevchenko menjadi striker haus gol yang sangat ditakuti lawan pada saat itu. Dia dua kali menjadi top skorer Liga Champions, yaitu pada Liga Champions musim 1998/99 dan 2005/06. Andriy Shevchenko juga meraih gelar top skorer Liga Italia Serie A sebanyak dua kali. Sheva meraih gelar capocanieri pada  Serie A musim 1991/2000 dan musim 2003/04. Karena kehebatannya itu, Sheva pernah dinobatkan menjadi pemain terbaik Ballon D’Or pada tahun 2004.

Awal Karir Andriy Shevchenko di Dynamo Kyiv

Andriy Shevchenko memulai karir sepakbolanya sejak remaja di akademi klub besar Ukraina, Dynamo Kyiv. Belum genap berusia 18 tahun, Sheva langsung ditarik oleh pelatih Yoszhef Sabo ke tim senior Dynamo Kyiv. Shevchenko melakukan debut bersama Dynamo Kyiv pada 28 September 1994 saat melawan Shaktar Donetsk. Dibawah asuhan pelatih Yoszhef Sabo, Sheva meraih dua gelar juara Liga Ukraina.

Karir Shevchenko di Dynamo Kyiv melejit saat dilatih oleh pelatih kawakan Valeriy Lobanovsky. Saat itu Sheva dipoles Lobanovskiy menjadi striker yang haus gol. Tiga gelar beruntun Liga Ukraina dari tahun 1997 hingga 1999 diraih Sheva saat dilatih Lobanovsky. Ketajaman Sheve bukan hanya di kompetisi domestik Ukraina saja. Dengan 10 golnya di Liga Champions, Sheva membawa Dynamo Kyiv mencapai babak semifinal Liga Champions musim 1998/99. Ketajamannya ini membuat Shevchenko menjadi incaran klub-klub raksasa Eropa. Namun akhirnya AC Milan yang beruntung mendapat jasa Shevchenko. Striker Ukraina ini dibeli AC Milan dengan harga 25 juta dolar.

Kegemilangan Shevchenko di AC Milan

Andriy Shevchenko semakin tajam saat bergabung di AC Milan. Sheva sudah mulai menggebarak saat mencetak gol pada debutnya bersama Milan saat melawan Lecce di Liga Italia Serie A. Pada musim pertamanya bersama AC Milan, Shevchenko menjadi top skores Liga Italia Serie A dengan mencetak 24 gol. Sheva mengulangi jumlah gol yang sama di musim berikutnya. Prestasi puncak Shevchenko bersama AC Milan diraih pada tahun 2003. Shevchenko membawa AC Milan menjuarai Liga Champions.

Musim 2003/04 menjadi musim yang luar biasa bagi karir Andriy Shevchenko karena untuk pertama kalinya ia akhirnya berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Italia Serie A buat AC Milan. Di musim itu juga Sheva menjadi top skorer Liga Champions dan dianugerahi menjadi pemain terbaik FIFA Ballon D’Or.

Pada saat berada di puncak karir bersama AC Milan, Shevchenko secara mengejutkan menerima pinangan Chelsea. Sheva menjadi pemain termahal di Liga Inggris saat pindah ke Chelsea.

Karir Shevchenko di Chelsea

Saat pindah ke Chelsea, ekspetasi pecinta sepakbola Inggris sangat tinggi kepada Shevchenko untuk meneruskan ketajamannya di Liga Inggris. Namun ekspetasi tinggi ini gagal dipenuhi oleh Sheva. Shevchenko gagal beradaptasi dengan permainan Chelsea dan hanya mencetak 22 gol saja dari 77 pertandingan selama dua musim membela The Blues. Kubu AC Milan pun menarik kembali Shevchenko ke AC Milan dengan status pinjaman

Akhir Karir Andriy Shevchenko di Klub

Kembali bergabung bersama AC Milan, Andriy shevchenko gagal menunjukkan ketajamannya dulu. Sheva gagal mencatak satu gol pun selama satu musim bermain di AC Milan. Musim berikutnya masa pinjaman AC Milan Shevchenko berakhir, Sheva pun  kembali ke Chelsea. Namun sekembalinya ke klub London tersebut, Chelsea langsung menjual Shevchenko ke klub lamanya Dynamo Kyiv. Bersama Dynamo Kyiv, Sheva menjalani tiga musim hingga akhirnya dia memutuskan pensiun pada akhir musim lalu.

Karir Cemerlang Andriy Shevchenko bersama Timnas Ukraina

andriy shevchenkoAndriy Shevchenko mengawali debutnya bersama timnas Ukraina pada tahun 1995. Pada bulan Mei 1996, Andriy Shevchenko mencetak gol debut buat timnas Ukraina saat melawan Turki. Andriy Shevchenko berjasa besar membawa lolos Ukraina tampil pertama kalinya di Piala Dunia. Sheva sukses membawa Ukraina masuk babak perempat final Piala Dunia 2006. Andriy Shevchenko menjadi top skorer sepanjang masa timnas Ukraina dengan 48 gol yang ia cetak. Dua gol terakhirnya buat Ukraina dibuat pada Piala Eropa 2012 lalu saat mengalahkan Swedia.

STATISTIK KARIR ANDRIY SHEVCHENKO
Dynamo Kyiv1994-99; 2009-12249 main124 gol
AC Milan1999-2006; 2008-09322 main175 gol
Chelsea2006-09; 200877 main22 gol
Timnas Ukraina1995-2012111 main48 gol

Check Also

Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England (Odds 3/4 - 0) 5 Pertandingan Terakhir Slovenia ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

sbbanner