Home > All Articles > Analisa Piala AFF: Sejauh Mana Garuda Terbang?
Timnas

Analisa Piala AFF: Sejauh Mana Garuda Terbang?

Jakarta, ulasbola.com – Piala AFF 2012 akan dilangsungkan di Malaysia dan Thailand pada tanggal 24 November hingga 22 Desember 2012. Thailand, Philippines, dan Vietnam akan berada di Grup A sedangkan Indonesia, Malaysia dan Singapore berada di Grup B. Pada piala AFF tahun ini, Malaysia sebagai juara bertahan piala AFF 2012 menempati unggulan pertama disusul oleh Thailand yang juga merupakan tuan rumah, sedangkan Vietnam dan Indonesia menempati unggulan 3 dan 4.

Masih teringat bagaimana pada tahun 2010 Bambang Pamungkas dan kawan-kawan bermaterikan pemain-pemain terbaik ditambah dengan para pemain naturalisasi bermain sangat baik dengan meyakinkan sehingga dapat menembus Final sebelum akhirnya harus Takluk dari Harimau Malaya dengan Aggregat 4-2. Padahal sebelum pertandingan Final pertama berlangsung di Malaysia optimisme publik Indonesia melambung karena pada babak penyisihan Indonesia sempat mengalahkan Malaysia dengan skor telak 5-1 sehingga tidak ada satupun publik sepak bola tanah air yang akan mengira kita bisa dipecundangi 3 gol tanpa balas.

Dua Timnas

Berbeda dengan 2 tahun yang lalu, tahun ini PSSI diguncang oleh prahara Internal dimana kepengurusannya terbelah menjadi 2 ada PSSI versi A dan PSSI versi B. Perpecahan di level organisasipun akhirnya berlanjut ke level Liga sehingga melahirkan 2 Liga profesional dan tidak hanya sampai disitu menular hingga ke level Timnas sehingga Indonesia adalah negara satu-satunya di Jagad Raya yang memiliki 2 Tim Nasional. Padahal pada tahun 2010 ketika kita memiliki 1 Timnas (Baca : Full Team), kita masih bisa dikalahkan dengan skor telak di Final oleh Malaysia pertanyaannya bagaimana dengan sekarang (Baca : 1/2 Team) ?

Entah apa yang dipikirkan oleh orang-orang yang mengaku pro dengan sepak bola Nasional kalau nyatanya apapun yang mereka lakukan hanyalah menghancurkan sepak bola? Saat ini praktis Tim Nasional kita di isi oleh muka-muka baru, akan tetapi berbeda dengan saya seperti yang saya dilansir dari republika.co.id nada optimisme tetap dilontarkan oleh penanggung jawab timnas Bern Hard Limbong :

Kalau di kejuaraan kemarin kita berhasil final, setidaknya tahun ini harus sama. Final harus diraih, ujar Limbong.

Hal yang sama juga di lontarkan oleh ketua komite Timnas Bob Hippy :

Timnas dihuni oleh banyak pemain muda. Kami yakin dengan makin banyaknya jam terbang, mereka akan berkembang jadi kekuatan-kekuatan baru di sepakbola Indonesia,” kata Bob.

Saya hanya menilai kedua tokoh ini hanya berusaha menenangkan hati para pecinta sepak bola nasional sekaligus mengambil tanggung jawab berdasarkan jabatan mereka apabila Timnas tidak berprestasi, karena kita tahu bahwa dengan “1 sayap” Garuda tidak akan bisa terbang jauh dan kita juga tidak bisa menutupi kenyataan bahwa Malaysia, Thailand, Vietnam dan Singapore mempersiapkan Timnas mereka secara serius dalam menghadapi event 2 tahunan ini dan yang terpenting persiapan mereka tidak pernah ganggu oleh masalah-masalah internal organisasi.

Saya berani bertaruh, dengan kondisi seperti 2 tahun yang lalupun sulit bagi Indonesia untuk keluar sebagai Juara, dan pada tahun ini saya yakin sekali sulit bagi Indonesia untuk masuk semi final. Mudah-mudahan analisa saya salah dan kita bisa menjadi juara AFF tahun ini tetapi menjadi juara pada tahun ini adalah “Mission Impossible!”

Jadwal Pertandingan Timnas di Piala AFF 2012 :

  • Pertandingan Pertama
  • Pertandingan Kedua
  • Pertandingan Ketiga
(25/11/2012 – 18.00) Indonesia Vs Peringkat ke 2 kualifikasi (Bukit  Jahlil Nasional Stadium, KL)
(28/11/2012 – 18.00) Indonesia Vs Singapore (Bukit Jahlil Nasional Stadium, KL)
(01/12/2012 – 20.45) Indonesia Vs Malaysia (Bukit Jahlil Nasional Stadium, KL)

 

Check Also

Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England

Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2018: Slovenia vs England (Odds 3/4 - 0) 5 Pertandingan Terakhir Slovenia ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

sbbanner