Home > All Articles > Taktik Brilian Louis Van Gaal Dalam Perempat Final Piala Dunia 2014
Louis Van Gaal

Taktik Brilian Louis Van Gaal Dalam Perempat Final Piala Dunia 2014

Timnas Belanda sukses menembus babak semifinal Piala Dunia 2014 setelah melewati pertarungan sengit melawan Kosta Rika dalam pertandingan perempat final di Arena Fonte Nova.

Timnas Belanda harus melewati babak adu penalti untuk mengalahkan Kosta Rika. Walau mendominasi permainan dengan pengusaan bola mencapai 64 persen serta melepaskan 20 tembakan, timnas Belanda tak kunjung berhasil menjebol gawang Kosta Rika dalam waktu 120 menit laga karena penampilan luar biasa Keylor Navas dalam mengawal gawang, serta tiang gawang yang menolong Kosta Rika dari kebobolan.

Ketika babak perpanjangan waktu akan usai, taktik brilian dibuat oleh pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal, yang mungkin akan dikenang sepanjang masa dalam sejarah Piala Dunia. Taktik brilian Louis Van Gaal yang dimaksud adalah dengan menggantikan penjaga gawang Jasper Cillesen dan memasukkan kiper klub Newcastle United, Tim Krul. Padahal catatan prestasi Tim Krul dalam menghadapi tendangan penalti tak cukup bagus, hanya pernah memblok dua tendangan penalti dari 20 kali menghadapi tembakan penalti.

Louis Van Gaal dengan percaya diri tinggi memplot Tim Krul sebagai kiper Belanda untuk menjalani babak adu penalti melawan Kosta Rika, dan membuktikan kelasnya sebagai ahli strategi yang paham betul dengan kekuatan dan kelemahan pemain dalam timnya. Di kubu lawan,  pelatih Kosta Rika, Luis Pinto tampak sumringah sebelum menjalani adu penalti, karena sudah yakin timnya akan menang karena penampilan apik Keylor Navas di bawah mistar gawang sepanjang gelaran Piala Dunia 2014.

Pada akhirnya sejarah pun dicatatkan oleh Belanda yang lolos ke semifinal Piala Dunia untuk dua kali secara beruntun berkat aksi gemilang Tim Krul menepis dua tembakan penalti pemain Kosta Rika. Tim Krul pun tercatat sebagai kiper pengganti pertama dalam sejarah Piala Dunia yang berhasil memenangi babak adu penalti, semua itu terjadi berkat taktik brilian Louis Van Gaal.

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>