Home > All Articles > Liputan Piala Dunia 2014: Profil Timnas Brasil
Brasil-piala-konfederasi201

Liputan Piala Dunia 2014: Profil Timnas Brasil

Dalam liputan profil peserta Piala Dunia edisi kali ini, kami akan mengulas tim tuan rumah yang tak pernah absen mengikuti Piala Dunia dan juga pemegang lima gelar juara Piala Dunia, yaitu timnas Brasil. Berbekal pemain-pemain kelas satu dunia yang mereka miliki, timnas Brasil tentunya ingin meraih gelar juara Piala Dunia pada tahun ini di tanah air mereka sendiri.

Kilas Sejarah Prestasi  Timnas Brasil 

Pada Piala Dunia edisi perdana tahun 1930, Brasil kalah 1-2 oleh Yugoslavi dalam pertandingan pertama. Gol perdana timnas Brasil di Piala Dunia dicetak oleh Preguinho. Di pertandingan berikutnya Brasil berhasil bangkit meraih kemenangan telak 4-0 atas Bolivia berkat sumbangan dua gol dari Preguinho serta dua gol dari Moderato Wisintainer. Namun Brasil tetap gagal melangkah ke babak selanjutnya. Empat tahun berselang Brasil langsung tersingkir di ronde pertama Piala Dunia, setelah kalah 1-3 ditangan Spanyol.

Di Piala Dunia 1938, timnas Brasil berhasil menembus babak semifinal setelah di babak sebelumnya menyingkirkan Polandia dan Cekoslowakia. Tapi di babak semifinal Brasil menyerah 1-2 oleh Italia. Dalam perebutan peringkat ketiga Brasil sukses menang 4-2 atas Swedia. Di Piala Dunia 1938 ini striker Brasil, Leonidas Da Silva berhasil menjadi top skorer dengan torehan 8 gol.

Brasil menjadi tuan rumah di Piala Dunia 1950. Namun Brasil gagal menjadi juara setelah kalah 1-2 oleh Uruguay dalam laga penentuan juara yang berlangsung di Stadion Maracana. Pada Piala Dunia 1950 ini striker Brasil, Ademir Marques De Menezes berhasil menjadi top skorer dengan perolehan 8 gol. Empat tahun berikutnya Brasil hanya berhasil menembus babak perempat final Piala Dunia yang berlangsung di Swiss.

Dalam rentang tahun 1958 hingga 1970, Timnas Brasil membuat sejarah tiga kali menjadi juara Piala Dunia saat diperkuat oleh pemain pemain legendaris seperti Pele, Garrincha, Vava, Nilton Santos, Mario Zagallo, Jose Altafini, Didi, Amarildo, Jairzinho, Rivelino, Tostao, dan Carlos Alberto.

Pada Piala Dunia 1974 dan 1978, timnas Brasil hanya bisa menembus babak semifinal. Prestasi timnas Brasil menurun di Piala Dunia 1982 hingga Piala Dunia 1990 karena hanya bisa menembus ronde kedua.

Pada Piala Dunia tahun 1994, Brasil sukses merebut gelar juara Piala Dunia saat diperkuat oleh pemain legendaris Romario, Bebeto, Rai Oliveira, Branco, dan Claudio Taffarel. Di Piala Dunia edisi berikutnya Brasil kalah 0-3 di partai final melawan tuan rumah Perancis.

Brasil Piala Dunia 2002

Timnas Brasil sukes merebut gelar juara dunia kelima di Piala Dunia tahun 2002 berkat kehebatan permainan trio Ronaldo, Rivaldo, dan Ronaldinho. Pada Piala Dunia 2002 ini Ronaldo menjadi top skorer dengan perolehan 8 gol. Pada Piala Dunia 2006 dan 2010, timnas Brasil hanya berhasil menembus babak perempat final.

NEXT –> Profil Pelatih dan Pemain Bintang Timnas Brasil 
kursorKlik page 2 untuk baca halaman berikutnya

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>