Ulasan Terkini
Home > All Articles > Rekam Jejak Indonesia di Kualifikasi Piala Asia
Rekam Jejak Indonesia di Kualifikasi Piala Asia

Rekam Jejak Indonesia di Kualifikasi Piala Asia

Sepanjang penyelenggaraan Piala Asia,tim nasional sepakbola Indonesia sudah tampil sebanyak empat kali di putaran final Piala Asia. Indonesia berpartisipasi di Piala Asia 1996, 2000, 2004, dan 2007. Pada keikutsertaan terakhirnya di Piala Asia pada tahun 2007, Indonesia bertindak menjadi tuan rumah.

Sepanjang lima belas kali  penyelenggaraan Piala Asia, timnas Indonesia sudah 11 kali mengikuti babak kualifikasi Piala Asia. Keikutsertaan perdana Indonesia di babak kualifikasi Piala Asia terjadi pada tahun 1968. Saat itu Indonesia bergabung di grup Timur bersama China, Jepang, Korea Selatan, dan Filipina. Timnas Indonesia hanya menempati posisi keempat di kualifikasi Piala Asia 1968. Indonesia meraih satu kemenangan, sekali seri, dan dua kali kalah. Satu-satunya kemenangan Indonesia saat itu diraih saat mengalahkan Filipina dengan skor 6-0.

Lalu timnas Indonesia mengikuti kualifikasi Piala Asia di tahun 1972,1976,1980,1984,1988, dan 1992 namun selalu gagal lolos ke putaran final Piala Asia. Pada tahun 1996,  akhirnya timnas Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Asia. Pada babak kualifikasi Piala Asia 1996, Indonesia menjadi juara grup 4 dan mengandaskan perlawanan Malaysia dan India. Tahun 1996 itu Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Malaysia, dan menang telak 7-1 atas India. Tujuh gol timnas Indonesia saat mengalahkan India dicetak oleh Indriyanto Nugroho (2 gol), Ansyari Lubis (2 gol), Rochy Putiray (2 gol), dan Peri Sandria (1 gol).

Pada penyelenggaran Piala Asia 2000, timnas Indonesia kembali lolos ke putaran final. Di babak kualifikasi Piala Asia 2000, timnas Indonesia sukses mengatasi perlawanan Hongkong dan Kamboja.

Indonesia mencetak hattrick mengikuti putaran final Piala Asia di tahun 2004. Indonesia lolos dari babak kualifikasi Piala Asia 2004 setelah menjadi runner up grup C . Pada saat itu, Indonesia bergabung dengan Arab Saudi, Yaman, dan Bhutan. Indonesia mengukir tiga kali menang, satu kali seri, dan dua kali kalah di Grup C babak kualifikasi  Piala Asia 2004. Kemenangan Indonesia 2-0 atas Bhutan menjadi kemenangan terakhir timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Asia. Dua gol kemenangan Indonesia atas Bhutan dicetak oleh Eduard Ivak Dalam dan Zaenal Arif.

Indonesia tidak mengikuti babak kualifikasi Piala Asia 2007 karena Indonesia  langsung lolos ke putaran final Piala Asia 2007  sebagai tuan rumah. Selanjutnya Indonesia  mengikuti babak kualifikasi Piala Asia 2011, namun menuai kegagalan total. Indonesia terpuruk menjadi juru kunci Grup B kualifikasi Piala Asia 2011 dibawah Australia, Kuwait, dan Oman. Timnas Indonesia hanya meraih tiga kali seri dan tiga kali kalah di babak kualifikasi Piala Asia 2011.

Timnas Indonesia akan melakoni babak kualifikasi Piala Asia 2015 pada pekan ini. Dilaga pertamanya, timnas Indonesia akan menghadapi Irak di Stadion Al Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab,  pada Rabu (6/2) mendatang. Timnas Indonesia berada di grup C babak kualifikasi Piala Asia 2015 bergabung dengan tim kuat  China, Arab Saudi, dan Irak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
sbbanner