Home > All Articles > Barcelona Dihukum Tak Boleh Ikut Bursa Transfer Pemain Hingga 2015

Barcelona Dihukum Tak Boleh Ikut Bursa Transfer Pemain Hingga 2015

Barcelona dihukum tak boleh ikut bursa transfer pemain hingga musim panas 2015 oleh Komisi Disiplin FIFA. Barcelona dihukum karena tersangkut kasus pemain muda ilegal yang terdaftar dan berpartisipasi dalam kompetisi yang diikuti Barcelona selama periode 2009-2013. Komite Disiplin FIFA menganggap serius dan memutuskan untuk memberikan sanksi kepada klub yang melakukan pelanggaran.. Akibatnya Barcelona dilarang beraktivitas dalam dua periode transfer pemain, yakni bursa transfer pemain musim panas 2014 dan musim dingin 2015 (Januari 2015).

Sanksi diberikan kepada Barcelona setelah investigasi awal yang dilakukan FIFA Transfer Matching Sistem GmbH (FIFA TMS) selama setahun terakhir dan kemudian ditindaklanjuti Komisi Disiplin FIFA. Komisi Disiplin FIFA lantas menemukan pelanggaran yang dilakukan Barcelona mengenai ketentuan transfer internasional dan pendaftaran pemain muda non-Spanyol yang berada di klub.

Sebelumnya FIFA menghukum enam pemain muda tak boleh mengikuti kompetisi bersama tim muda Barcelona, karena dinilai melanggar peraturan transfer internasional. Keenam pemain itu adalah Seung Woo-lee, Park Seung-ho, Jang Gyeol-hee, Theo Chendri, Bobby Adekanye, dan Patrice Sousia.

Barcelona dianggap FIFA tidak menaati peraturan transfer yang menjelaskan perpindahan pemain non-Uni Eropa ke wilayah Uni Eropa, minimal harus di atas usia 18 tahun. Enam pemain tersebut direkrut oleh Barcelona ketika berusia di bawah 18 tahun.

Kasus seperti ini sebenarnya pernah dialami Lionel Messi saat pindah dari Argentina ke Spanyol ketika berusia 13 tahun. Namun, pada saat itu FIFA belum memiliki “Regulasi Status dan Transfer Pemain” Pasal 19 yang menjelaskan perpindahan pemain (dari non-Uni Eropa ke Uni Eropa) harus di atas usia 18 tahun. Peraturan ini baru diperbarui FIFA pada 2009.

Selain dilarang beraktivitas di bursa transfer pemain dalam dua periode ke depan, Barcelona juga mendapat hukuman denda sebesar 450.000 franc Swiss (5,7 miliar Rupiah).

Selain menghukum Barcelona, Komite Disipilin FIFA juga memeberikan sanksi kepada Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) karena kasus ini. RFEF mendapat denda sebesar 500.000 franc Swiss ( 6,3 miliar Rupiah) dan diberikan jangka waktu setahun untuk mengatur kerangka peraturan dan sistem yang sudah ada mengenai transfer pemain internasional yang melibatkan anak-anak di bawah umur dalam sepak bola.

Dengan hukuman ini, pihak Barcelona jelas akan dibuat pusing, karena dua pemain andalan, yakni Victor Valdes dan Carles Puyol sudah memastikan akan hengkang. Sementara Barcelona tak bisa menambah pemain baru hingga Juli tahun depan.

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>