Home > All Articles > PSG vs Barcelona: Tiki Taka Menggoyang Paris

PSG vs Barcelona: Tiki Taka Menggoyang Paris

Ambisi pemilik klub Paris Saint Germain, Nasser Al-Khelaïfi untuk merajai kompetisi Eropa terpancar jelas dengan pembelian-pembelian pemain bintang berharga mahal dalam dua musim terakhir. Ambisi Nasser El Khelaifi untuk merajai Eropa mulai mendekati kenyataan setelah Paris Saint Germain lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Berbekal mantapnya kekuatan skuad yang dimiliki PSG serta pengalaman menjadi juara Liga Champions yang dimiliki pelatih Carlo Ancelotti, PSG menjadi salah satu kandidat serius juara Liga Champions 2012/13.

Carlo Ancelotti tampak kental memainkan gaya bermain ala Italia di kubu PSG. Ancelotti biasa memainkan dua gelandang yang diplot bermain agak bertahan yang biasanya diserahkan pada Blaise Matuidi dan Marco Verratti. Di lini belakang Ancelotti juga memiliki tiga pemain inti yang merupakan alumni Liga Italia yaitu Thiago Silva, Scherer Maxwell,dan Salvatore Sirigu yang pastinya biasa menerapkan permainan catenaccio. Tiga pemain inti lini belakang alumni Liga Italia tadi dikolaborasikan degan dua pemain asli Prancis, Christophe Jallet dan Mamadou Sakho yang seperti pemain Prancis lainnya mengandalkan ketangguhan fisik dan mempunyai kecepatan untuk menghalau serangan lawan.

Di lini depan Ancelotti sangat beruntung mempunyai duet serasi Zlatan Ibrahimovic dan Ezequiel Lavezzi yang rajin mencetak gol. Duet striker PSG ini mempunyai skill yang hebat untuk menggocek pemain bertahan lawan.

Malam nanti PSG akan menghadapi lawan berat Barcelona di leg pertama perempat final Liga Champions. Berbeda dengan apa yang dilakukan PSG, tim Barcelona bisa menjadi tim hebat yang merajai Eropa dalam beberapa tahun terakhir berkat sistem pembinaan pemain muda dari akademi mereka serta menciptakan pola permainan menawan yang disebut tiki taka. Dari 20 pemain yang sering bermain di skuad inti, hanya Dani Alves,David Villa, Jose Pinto, Alexis Sanchez, dan Javier Mascherano saja yang bukan asli didikan akademi Barcelona. Bandingkan dengan PSG sekarang yang hanya menyisipkan Mamadou Sakho dan Clement Cahantome dalam skuad inti mereka.

Tiki taka adalah pengembangan lebih lanjut dari  gaya permaiann total football yang dulu diterapkan timnas Belanda dan Barcelona pada era pelatih Johan Cruyff.  Tiki Taka merupakan teknik bermain sepakbola yang mengusung sepakbola menyerang dengan penguasaan bola yang dominan, jadi tak heran dalam setiap pertandingannya Barcelona kerap menguasai permainan dengan possesion football mencapai 70%. Namun dalam pertandingan PSG vs Barcelona nanti keampuhan permainan tiki taka harus bisa meruntuhkan kehebatan strategi catenaccio ala Prancis yang diusung pelatih PSG, Carlo Ancelotti.

Tanpa meremehkan yang dilakukan pemain lainnya, keesempurnaan gaya bermain tiki taka sangat bergantung dan berpusat pada tiga pemain Barca yaitu Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta. Tiga pemain ini sudah sangat paham untuk memainkan perannya masing-masing dan saling melayani di lapangan. Xavi berperan sebagai pemberi umpan terobosan ke lini pertahanan lawan, Iniesta yang mendobrak pertahanan lawan dengan gocakannya yang aduhai, dan Lionel Messi yang menyelesaikan peluang dengan insting mencetak gol tiada duanya.

Pertandingan  PSG vs Barcelona nanti dijamin sangat seru karena menjanjikan permainan level satu , adu hebat skill istimewa yang bakal ditunjukkan pemain-pemain bintang kelas satu dunia. Kita akan menyaksikan Tiki Taka Barca mencoba menggoyang Catenaccio Seksi Paris milik  PSG.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN
PARIS SAINT GERMAIN:
Salvatore Sirigu, Thiago Silva, Mamadou Sakho, Christophe Jallet, Scherer Maxwell, Marco Verratti, Blaise Matuidi, Javier Pastore, Lucas Moura, Ezequiel Lavezzi, Zlatan Ibrahimovic.
BARCELONA:
Victor Valdes, Gerard Pique, Javier Mascherano, Dani Alves, Jordi Alba, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Francesc Fabregas, Andres Iniesta, David Villa, Lionel Messi

Check Also

Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes

Prediksi Liga Prancis 2016/2017: Monaco vs Nantes (Odds 0 - 1 1/4) Posisi Kedua Tim di Klasemen Liga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>