Home > All Articles > Ulas Laga: Paris Saint Germain vs Barcelona

Ulas Laga: Paris Saint Germain vs Barcelona

Beberapa musim lalu Zlatan Ibrahimovic meninggalkan Barcelona karena gaya permainanya tak sesuai dengan yang diharapkan oleh eks pelatih Barca Josep Guardiola. Zlatan Ibrahimovic bermain selama semusim buat Barcelona di musim 2009/2010 lalu. Ibra dibeli Barca dari Inter Milan dengan nilai transfer mahal senilai 49 Juta Euro plus Samuel Eto’o. Walaupun jarang tampil penuh di setiap pertandingannya, Ibrahimovic sukses menceploskan 22 gol dari 46 kali tampil bersama Barcelona. Namun jumlah gol yang dibuat Ibra tadi masih kalah dengan jumlah gol yang dibuat Lionel Messi dan Pedro Rodriguez musim itu. Namun kisah Ibrahimovic bersama Barcelona berakhir singkat karena dirinya terlibat konflik dengan Josep Guardiola.

Zlatan Ibrahimovic bukan satu-satunya pemain Paris Saint Germain yang pernah memperkuat Barcelona. Maxwell dan Thiago Motta juga mantan punggawa andalan Barca. Maxwell bermain di Barcelona selama empat musim dari tahun 2009 hingga 2012. Thiago Motta merupakan salah satu gelandang tengah andalan Barca di era pelatih Frank Rijkaard. Pada saat itu Thiago Motta merupakan pemain muda berbakat di lini tengah Barca selain Andres Iniesta. Thiago Motta memperkuat Barcelona selama enam musim. Thiago Motta terpaksa harus meningalkan Barcelona karena cedera parah yang menimpanya.

Dari tiga alumni Barca tadi, hanya Thiago Motta yang bakal absen menghadapi eks klubnya di perempat final Liga Champions pada pekan ini. Sedangkan dua alumni Barca lainnya, Zlatan Ibrahimovic dan Scherer Maxwell siap unjuk gigi ke hadapan mantan klubnya Barcelona.

Pelatih PSG saat ini, Carlo Ancelotti jauh lebih berpengalaman dibandingkan dengan pelatih Barcelona Tito Vilanova. Carlo Ancelotti sudah empat kali merengkuh gelar juara Liga Champions, dua kali sebagai pemain dan dua kali sebagai pelatih. Sedangkan Tito Vilanova baru di awal musim ini memegang kendali penuh sebagai pelatih kepala Barcelona. Dua gelar juara Liga Champions yang dirasakan Tito Vilanova saat dia menjadi asisten pelatih Josep Guardiola. Yang menarik, pemain-pemain PSG saat ini kebanyakan pernah bermain di Liga Italia yang kental dengan aroma permainan Catenaccio. Pemain-pemain PSG yang pernah bermain di Liga Italia yaitu Zlatan Ibrahimovic,Thiago Silva,Thiago Motta, Salvatore Sirigu,Scherer Maxwell, David Beckham, Jeremy Menez, Javier Pastore, Ezequiel Lavezzi, dan Marco Verratti. Jadi bisa dibilang tim PSG saat ini merupakan tim Prancis beraroma permainan Italia.

Permainan Barcelona sendiri merupakan cerminan permainan timnas Spanyol dengan gaya khas permainan tiki-taka yang menganut teknik bermain sepakbola yang mengandalkan penguasaan bola yang dominan, operan pendek, pergerakan yang cepat, kerjasama yang kompak dan strategi menyerang. Tiki Taka juga sering disebut dengan teknik permainan sepakbola indah yang atraktif, karena para pemainnya harus punya keahlian di atas rata-rata dalam mengolah bola. Barcelona bisa memainkan tiki taka karena mempunyai pemain-pemain dengan skill individu yang hebat pada diri Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Dani Alves, Francesc Fabregas,dll.

Jadi duel Paris Saint Germain vs Barcelona ini bakal sangat seru dengan dua gaya permainan yang berbeda. PSG dengan gaya Catenaccio ala Prancis akan melawan Barcelona yang kental dengan gaya permainan tiki taka.

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>