Home > All Articles > Napoli vs Juventus: Genderang Perang Selatan Italia

Napoli vs Juventus: Genderang Perang Selatan Italia

Menjelang duel antara Napoli vs Juventus pada malam nanti tersiar kabar kalau ratusan fans Napoli menghadang bus pemain dan staf Juventus saat tiba di kota Naples. Bahkan fans Napoli juga membuat spanduk dan yel-yel yang bertujuan untuk mengejek Juventus dengan kata-kata kasar. Aroma permusuhan terasa kental antara kubu Napoli dan Juventus.

Berpuluh tahun lamanya klub sepakbola dari Selatan Italia seolah terpinggirkan dari klub-klub kaya di utara Italia dan klub-klub dari ibukota. Prestasi klub sepak bola Selatan Italia seperti Napoli, Palermo, Cagliari, Reggina, Messina  dan Livorno jauh di bawah bayang-bayang klub utara seperti Milan, Juventus, ataupun Inter Milan.Wilayah selatan Italia memang sering diperlakukan seolah warga negara kelas dua oleh mereka yang berada di utara. Pasalnya Italia bagian utara adalah wilayah industri maju yang diisi oleh kota segitiga emas, yaitu Milan, Turin, dan Genova. Perasaan inferior orang-orang dari selatan Italia kepada orang-orang utara Italia secara naluriah berubah menjadi kebencian yang ditumpahkan ke lapangan hijau.

Klub Napoli pernah membawa kebahagiaan pada rakyat Selatan Italia ketika mereka menjuarai Liga Italia Serie A di akhir tahun 1980-an ketika Napoli masih diperkuat Diego Maradona dan Antonio Careca. Masa-masa itu merupakan masa-masa paling membanggakan bagi rakyat Selatan Italia karena bisa mensejajarkan diri dengan kekuatan sepakbola Utara Italia.

Setelah era Maradona berakhir, sepak bola Italia Selatan mengalami fase mati suri. Titik terendahnya terjadi saat Napoli sebagai klub tersukses Italia Selatan dinyatakan bangkrut tahun 2004, yang mengharuskan Napoli bermain di kompetisi seri C-1. Untunglah datang pengusaha film, Aurelio de Laurentiis. Di bawah kendalinya, Napoli promosi ke seri A dalam rentang tiga tahun, dan kini menjadi salah satu tim elite dengan partisipasi mereka di Liga Champions.

Kini Napoli mulai bisa bersaing lagi di papan atas Liga Italia Serie A. Musim 2010/2011 lalu Napoli merangsek ke peringkat tiga dibawah dua klub Milan. Musim ini Napoli terus menguntit Juventus yang sepenjang musim menguasai puncak klasemen Liga Italia. Pada malam nanti duel Napoli vs Juventus yang berlangsung di Stadion San Paolo Naples menjadi kesempatan baik bagi Napoli untuk membahagiakan jutaan rakyat Selatan Italia dengan menundukkan Juventus. Bila pada pertandingan nanti Napoli kalah, mereka akan kembali inferior di hadapan klub-klub dari Utara Italia.

Genderang perang dari Selatan Italia mulai membahana menjelang laga Napoli vs Juventus. Dendam panjang bakal diselesaikan di lapangan hijau. Tim mana yang terbaik di Italia saat ini bakal ditentukan pada malam nanti seusai laga Napoli vs Juventus.

Check Also

Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club

Prediksi La Liga 2016/2017: Sevilla vs Athletic Club (Odds 0 - 3/4) Karakteristik Tim Sevilla KekuatanMenyerang melalui sayapSangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>